MUI Gelar Munas X, Din Syamsuddin : Semoga MUI Tetap Selamat Sentosa Pada Jalan Yang Benar

Pesan Din Syamsuddin Pada Munas X MUI
Din Syamsuddin
banner 400x400

Prof. Dr. M. Din Syamsuddin
Ketua Umum MUI 2014-2015
Ketua Dewan Pertimbangan MUI 2015-2020

Bismillahirrahmanirrahim

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Hajinews – Maielis Ulama Indonesia adalah organisasi terhormat dan bermarwah karena merupakan wadah musyawarah para ulama, zuama, cendekiawan Muslim. Maka perlu diisi oleh para ulama yang penuh dengan as-shidqu (kejujuran), amanah, dan beristiqamah. Ulama lurus seperti itu hanya takut kepada Allah SWT, tidak takut kepada makhluk. Mereka cinta kepada Allah, bukan cinta kepada dunia (hubbud dunya). MUI ke depan perlu dipimpin oleh figur ulama yang benar-benar punya waktu sehingga dapat menjalankan tugas-tugas organisasi dengan sebaik-baiknya, yang bekerja demi Allah bukan demi dunia dan jabatan itu sendiri.

Walaupun ada Hadits Nabi “jangan beri jabatan kepada yang menginginkannya”, namun dalam suasana tidak normal “serahkan saja jabatan itu kepada mereka”.

Saya hanya berpesan agar Munas berjalan sesuai Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga, jangan dilanggar karena akan mengurangi keabsahan dan mencederai marwah MUI. Sesuai prinsip PD & PRT lama (sebaiknya jangan diubah), sebaiknya Pemangku Amanat di MUI, baik Dewan Pimpinan maupun Dewan Pertimbangan, jangan merangkap jabatan politik di eksekutif, legislatif, dan partai politik. Perangkapan jabatan demikian akan membawa MUI mudah terkooptasi dan terkontaminasi kepentingan politik yang acapkali tidak sejalan dengan kepentingan umat Islam.

Dari luar arena Munas saya berdoa dan berharap semoga MUI tetap selamat sentosa pada jalan yang benar.

Diketahui, agenda utama Musyawarah Nasional (Munas) X MUI untuk menentukan kepengurusan baru periode 2020-2025. Termasuk, MUI akan menentukan ketua umum baru mereka malam ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar