Ini 4 Fakta Pemakaman Eril: Desain Lokasi, Puisi Sang Ayah hingga Waktu Dilaksanakan

banner 400x400

Hajinews.id — Setelah 14 hari, putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril yang hilang terseret arus saat berenang di sungai Aare, Bern Swiss akhirnya ditemukan. Pihak keluarga Ridwan Kamil pun telah menyiapkan pemakaman untuk Eril di Cimaung. Ada beberapa fakta pemakaman Eril yang perlu anda ketahui.

Begitu mendapat kabar, jenazah Eril ditemukan, Ridwan Kamil segera berangkat ke Swiss. Ia memandikan dan membawanya pulang untuk dimakamkan. Sekarang, mungkin Anda cukup penasaran seperti apa fakta pemakaman Eril. Berikut beberapa fakta pemakaman Eril yang telah diketahui.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Ridwan Kamil Menulis Puisi Pemakaman Eril

Untuk mengantar kepergian Eril, Ridwan Kamil telah menulis puisi yang diunggah di akun instagram pribadinya @ridwankamil. Bunyi puisi Ridwan Kamil untuk Pemakaman Eril adalah sebagai berikut:

 

Saatnya kamu pulang ke negeri untaian doa.

Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu.

Dear Eril,

Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa.

Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah.

Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai.

Dear Eril, Rumah akhirmu berada di sebelah masjid.

Masjid yang bertempat di kampung ibumu.

Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu.

Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu.

Yang artinya “terbaik”.

“Terbaik” adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini.

Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu.

Eril, today is Saturday.It is a good day to go home.

 

2. Pemakaman Eril Dikawal Polisi

Fakta pemakaman Eril berikutnya adalah berkaitan dengan proses kepulangan Eril yang dikawal Polri.

Pengawalan dilakukan mulai dari tiba di bandara sampai menuju ke rumah duka selanjutnya ke lokasi pemakaman oleh Polda Jawa Barat. Jenazah Eril lebih dulu dibawa ke rumah duka, di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat.

Lokasi pemakaman Eril dekat dengan rumah pribadi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dalam postingan di akun @ridwankamil, Gubernur Jawa Barat itu memperlihatkan sketsa sebuah masjid dan peti jenazah.

Ridwan kamil menjelaskan bahwa masjid tersebut diberi nama Al Mumtadz sesuai dengan nama akhir Eril. Lokasinya di kampung halaman Atalia Praratya, ibunda Eril. Lahan di sebelah masjid inilah tempat peristirahatan terakhir Eril.

Pemakaman dilaksanakan Senin, 13 Juni 2022, di Kabupaen Bandung, Cimaung. Seperti diketahui, setelah dua pekan hilang, jenazah Eril akhirnya ditemukan oleh warga Bern dan dilaporkan oleh warga tersebut ke polisi. Warga yang menemukan Eril bernama Geraldine Beldie.

Dia menemukannya ketika hendak berangkat mengajar dan melewati Bendungan Engehalde sungai Aare, Bern. Geraldine kemudian melaporkan temuannya ke polisi untuk ditindaklanjuti.

Ridwan Kamil lantas kembali ke Bern setelah mendengar kabar dari pihak yang berwenang dari Pemerintah Swiss. Setelah DNA pemuda yang ditemukan tersebut diuji dan ditemukan kecocokan dengan DNA Atalia Praratya, ibunda Eril, pengadilan Swiss kemudian mengizinkan jenazah Eril dibawa pulang ke Indonesia.

Pihak keluarga membawa Eril kembali ke Indonesia pada Sabtu, 11 Juni 2022. Dengan demikian, Eril dan Ridwan Kamil akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022. Oleh karena itu, setelah melalui proses ‘tinggal’ sebentar di rumah duka, Eril akan dikebumikan keesokan harinya, pada Senin, 13 Juni 2022 di lokasi yang sudah disiapkan.

 

Demikian informasi fakta pemakaman Eril mulai dari lokasi, waktu pelaksanaan, hingga desain makam dan puisi yang ditulis Ridwan Kamil untuk sang putra.(dbs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *