Dosen IPB University: Ini Manfaat Tempe bagi Kesehatan, Baik Pula untuk Penderita Diabetes

Manfaat Tempe bagi Kesehatan
Manfaat Tempe bagi Kesehatan
banner 400x400

Menurutnya, aktivitas anti diabetes oleh antioksidan ini dapat melindungi sel beta pankreas dari paparan radikal bebas dan menghambat penyerapan glukosa.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Aksi lainnya adalah dengan menghambat inhibiting alfa amilase and alfa glukosidase yang dapat menghambat pencernaan pati. Hasilnya, terjadi penurunan kadar gula darah.

Diabetes juga dapat menyebabkan efek penurunan berat badan karena penurunan produksi insulin. Penurunan produksi insulin menyebabkan glukosa tidak bisa diolah menjadi energi. Berdasarkan penelitian tersebut, tempe dapat mengatasi efek negatif tersebut pada tikus penderita diabetes,” ujarnya.

Ia mengatakan, tingginya kandungan isoflavon pada tempe juga dapat menghambat dan menetralkan radikal bebas.

Aktivitas hipoglikemik pada tempe tradisional semangit dan bosok juga memberikan hasil yang menarik pada tikus penderita diabetes.

Tempe ini memiliki prospektif bagus untuk menekan kadar gula darah tanpa mengonsumsi obat anti diabetes.

“Artinya, diet pada penderita diabetes dengan mengonsumsi tempe sangatlah baik dan disarankan. Peningkatan fungsi sel beta pankreas dapat ditingkatkan dengan produksi insulin dan penyerapan glukosa dalam sel dan kadar gula darah rendah. Hal ini dapat diupayakan dengan mengonsumsi tempe tradisional maupun olahannya,” tandasnya.