Inilah Makanan yang Berbahaya bila Tak Disiapkan dengan Benar

Makanan Berbahaya
ikan buntal
banner 400x400

Biasa digunakan dalam selai, pai, anggur, teh, sirup, dan suplemen, aman untuk dimakan jika sudah matang dan dimasak dengan benar. Namun, daun, ranting, dan biji elderberi mengandung tingkat glikosida penghasil sianida yang berpotensi fatal (glikosida sianogenik). Jika tidak sepenuhnya matang atau disaring dengan benar saat diproses, maka dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare parah.

Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, maka glikosida dapat menyebabkan kejang, koma, atau bahkan kematian. Anda harus minum hingga lima gelas untuk berada dalam bahaya yang mengancam jiwa. Tetapi, hanya secangkir produk elderberi yang tidak disiapkan dengan benar dapat menyebabkan penyakit serius.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kacang merah 

Kacang merah kaya protein nabati, serat, serta vitamin dan mineral penting. Namun, baik dalam bentuk mentah atau setengah matang, kacang juga kaya fitohaemagglutinin, sejenis lektin yang beracun. Fitohaemagglutinin dapat merusak dinding usus dan mencegahnya menyerap nutrisi dengan baik. Gejala keracunan mungkin termasuk diare, sakit perut, muntah, dan sakit kepala.

Kacang merah kering harus disiapkan dengan benar, seperti perendaman selama beberapa jam dan perebusan setidaknya selama 10 menit agar aman dikonsumsi. Faktanya, berdasarkan pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), memasak kacang merah kering selama kurang dari 10 menit pada suhu berapa pun kurang dari mendidih sebenarnya dapat meningkatkan toksisitas lima kali lipat.