Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,03%, Sri Mulyani: Momen Ini Sangat Langka

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (foto istimewa)


banner 800x600

banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id – Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap Indonesia tengah mengalami momen langka. Utamanya dengan capaian kinerja perekonomian yang positif di tengah kondisi pelemahan ekonomi global.

Menurut catatannya, ekonomi Indonesia mampu bertahan tumbuh di angka 5,03 persen di kuartal I-2023. Ini yang membuat Indonesia menjadi perhatian seluruh negara di dunia.

Bacaan Lainnya


“Meskipun kita juga melihat bulan Mei ini sudah sedikit menurun, namun ini adalah situasi yang sangat langka. Sebagian besar negara-negara yang selama ini pertumbuhan ekonomi yang baik mereka dihadapkan pada perlemahan pertumbuhan ekonomi dan demand-nya juga melemah atau kontraktif,” ujar Sri Mulyani dalam Bisnis Indonesia Gree Forum 2023, Selasa (6/6/2023).

Capaian ekonomi tadi diperkuat juga oleh kemampuan Indonesia mengendalikan tingkat inflasi. Salah satu kesuksesan pengendalian inflasi yang dibeberkan Sri Mulyani adalah pada momen Lebaran 2023 lalu.

Dia mengakui, biasanya terjadi lonjakan inflasi yang cukup tinggi. Namun, untuk tahun ini, dia melihat upaya stabilisasi harga yang berpengaruh pada inflasi cukup berhasil.

“Secara musiman biasanya demand-nya sangat tinggi dan itu bisa mendukung atau menciptakan dorongan terhadap kenaikan harga dan disisi nilai tukar kita juga melihat Indonesia relatif stabil nilai tukar rata-rata rupiah tahun lalu terdepresiasinya 3,9 persen, seperti Malaysia yang 6,2 persen depresiasinya atau India Rupee yang turun 6,4 persen,” paparnya.

“Kinerja perekonomian Indonesia yang membaik, inflasi yang rendah, nilai tukar yang relatif stabil dan tentu prospek ekonomi yang masih positif, kita mampu untuk menarik capital inflow, baik di capital market pasar saham maupun di surat berharga dan dalam bentuk foreign direct investment,” sambungnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *