Pendukung Anies Bacakan Petisi Perubahan: Tuntut Penyelenggara Pemilu Pastikan Pemilihan Tak Ternoda

banner 400x400

Hajinews.co.id – Komunitas Ubah Bareng meluncurkan petisi untuk memastikan integritas proses Pemilu 2024 yang sedang berlangsung. Petisi berjudul “Petisi Perubahan” itu ditandatangani orang-orang yang hadir dalam kegiatan “Alarm Perubahan” di Jatinegara, Jakarta Timur pada Ahad, 18 Februari 2024.

Komunitas Ubah Bareng merupakan kelompok yang mendukung calon presiden baru nomor urut satu, Anies Baswedan, dalam Pilpres 2024. Mereka merupakan salah satu penggagas acara Desak Anies yang menjadi salah satu program kampanye andalan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menurut Co-founder Ubah Bareng Muhammad Abror, petisi yang mereka luncurkan hari ini merupakan perwujudan tanggapan orang-orang untuk Pemilu 2024. “Ini adalah kristalisasi dari harapan bersama, kristalisasi respons atas kecurangan dan pelanggaran etik yang ada pada hari ini,” kata Abror di lokasi.

Abror berujar poin-poin dalam petisi tersebut juga ditujukan sebagai penguat bagi Timnas Amin yang sedang mengumpulkan bukti-bukti dugaan kecurangan di Pemilu 2024. “Petisi ini juga merupakan penguatan ke Timnas dan stakeholder terkait bahwa ada anak muda, gerakan-gerakan yang percaya bahwa Pemilu harusnya dilaksanakan secara adil, jujur, dan terhindar dari kecurangan,” ujarnya.

Menurut Abror, Ubah Bareng akan menyebarluaskan petisi tersebut melalui media digital sebagai sarana pendidikan politik untuk masyarakat. Saat ditanya apakah petisi itu akan diserahkan ke institusi tertentu, Abror mengungkapkan pihaknya masih mempertimbangkan hal tersebut.

“Kita masih menimbang-nimbang kira-kira institusi mana yang dapat kita sodorkan ini. Di saat yang sama kita tahu banyak institusi punya otoritas justru melempem belakangan,” kata Abror.

Dari pantauan Tempo saat acara berlangsung, beberapa peserta kegiatan yang diadakan komunitas penggagas acara Desak Anies itu awalnya bergantian berbicara di panggung. Mereka menyampaikan aspirasi dan pandangan mereka soal Pemilu yang sedang berlangsung.

Di ujung acara, panitia dari komunitas Ubah Bareng mengeluarkan spanduk berisi poin-poin Petisi Perubahan tersebut. Setelah membaca isi petisi bersama-sama, para peserta kegiatan lalu menandatangani spanduk berwarna putih itu.

Berikut isi petisi yang bertajuk “Petisi Perubahan” tersebut:

1. Bahwa kita menuntut pemerintahan yang adil melalui kepemimpinan yang menjunjung tinggi etik

2. Meminta penyelenggara pemilihan umum untuk memastikan seluruh proses Pemilu yang tidak dinodai oleh intimidasi pada pemilih, mobilisasi aparat pemerintah, politisasi bantuan sosial, dan segala bentuk kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif.

3. Bahwa kita akan terus mengawal proses pemilihan umum untuk menjunjung prinsip kejujuran dan keadilan.

4. Bahwa perjuangan perubahan tidak akan berhenti dan kita tetap berada di jalan perubahan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *