Hikmah Malam : Ketahui 7 Larangan di Bulan Muharram, Apa Sajakah?

Larangan di Bulan Muharram
Bulan Muharram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idBulan Muharram merupakan salah satu bulan suci umat Islam dan menjadi bulan yang istimewa. Oleh karena itu, ada beberapa Larangan yang tidak boleh dipatuhi umat Islam di bulan ini. Apa sajakah larangannya?

Bulan Muharram dianggap penuh berkah sebagai awal tahun baru Hijriah, karena termasuk hari Asyura pada tanggal 10 Muharram, yang dianggap sangat penting. Oleh karena itu, di bulan Muharram, umat Islam diperintahkan untuk memperbanyak ibadah agar bisa mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun ada juga beberapa larangan di bulan Muharram yang harus diketahui bagi umat Islam. Antara lain:

1. Larangan untuk Berperang

Peperangan merupakan salah satu tindakan yang dilarang dalam bulan Muharram dan dilarang pula pada bulan suci kalender Islam, seperti Rajab, Dzul-Qa’dah, dan Dzul-Hijjah. Maka dari itu, hendaknya seorang muslim untuk menghindari perselisihan atau konflik yang merugikan orang lain, terlebih yang mengacu kepada tindakan peperangan.

2. Larangan Melakukan Tindak Kekerasan

Memasuki bulan suci Muharram, seorang Muslim dilarang untuk melakukan tindak kekerasan, baik kepada sesama Muslim maupun kepada orang lain yang berbeda agama dan keyakinan. Sebagai seorang Muslim kita harus meneladani akhlak Rasulullah SAW yang selalu bersikap lembut, sabar, dan adil kepada semua orang.

3. Dilarang Membunuh Hewan untuk Tujuan Hiburan

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan kesedihan bagi umat Islam karena adanya peristiwa Karbala yang menimpa. yang menimpa cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Husain bin Ali. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk menghormati dan mengenang peristiwa tersebut dengan tidak bersuka ria, hura-hura dan berpesta.

4. Larangan Membunuh Hewan untuk Tujuan Hiburan

Membunuh hewan untuk tujuan hiburan adalah salah satu hal yang dilarang dilakukan di bulan Muharram. Ini karena hewan harus diperlakukan dengan belas kasihan dan tidak boleh disakiti tanpa alasan yang benar, terutama di bulan suci ini.

Selain itu, membunuh hewan untuk hiburan juga bertentangan dengan syiar-syiar kesucian Allah dan bulan-bulan haram. Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari perbuatan tersebut dan lebih menghormati makhluk hidup yang Allah ciptakan.

5. Larangan Melakukan Suatu Hal yang Tidak Bermanfaat

Larangan untuk tidak melakukan suatu hal yang tidak bermanfaat sangat ditekankan pada bulan Muharram. Umat Islam dianjurkan untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan agama.

6. Larangan Berkata Kasar di Bulan Muharram

Berucap kasar adalah perbuatan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang muslim, apalagi di bulan Muharam yang penuh berkah. Berkata kasar bisa merusak hubungan antara sesama manusia, menimbulkan permusuhan, dan menyakiti hati orang lain.

Berucap kasar juga termasuk dalam bentuk peperangan atau pertumpahan darah secara verbal, yang dilarang oleh Allah SWT di bulan Muharam. Sehingga tindakan yang satu ini wajib dihindari oleh Umat Islam.

7. Dilarang Menzalimi Diri Sendiri

Menzalimi diri sendiri juga merupakan suatu tindakan yang dilarang Umat Islam. Menzalimi diri sendiri bisa berarti melakukan maksiat, menampar-nampar pipi, merobek-robek baju, atau berteriak-teriak seperti orang-orang jahiliyah.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوۡرِ عِنۡدَ اللّٰهِ اثۡنَا عَشَرَ شَهۡرًا فِىۡ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوۡمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ مِنۡهَاۤ اَرۡبَعَةٌ حُرُمٌ‌ ؕ ذٰ لِكَ الدِّيۡنُ الۡقَيِّمُ ۙ فَلَا تَظۡلِمُوۡا فِيۡهِنَّ اَنۡفُسَكُمۡ‌ ؕ وَقَاتِلُوا الۡمُشۡرِكِيۡنَ كَآفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوۡنَكُمۡ كَآفَّةً‌  ؕ وَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الۡمُتَّقِيۡنَ

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu” (QS. At-Taubah: 36)

Wallahu A’lam

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar