Luhut Bicara ‘Family Office’ Bakal Bebas Pajak, Faisal Basri Curiga Jadi Tempat Cuci Uang Orang Kaya RI

Faisal Basri Curiga Jadi Tempat Cuci Uang Orang Kaya RI (foto istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Ekonom senior Faisal Basri melemparkan kritik keras terhadap rencana pemerintah untuk membentuk family office di Indonesia.

Menurutnya, skema tersebut berpotensi besar menjadi celah pencucian uang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Family office ini berpotensi besar untuk menjadi tempat pencucian uang,” ujar Faisal di Jakarta dikutip Jumat (5/7/2024).

Faisal mencontohkan negara Singapura yang meskipun memiliki regulasi ketat, family office di sana rentan disalahgunakan untuk praktik pencucian uang. Ia khawatir hal serupa akan terjadi di Indonesia jika regulasi family office tidak dibuat dengan cermat.

Family office adalah perusahaan swasta yang menangani manajemen investasi dan manajemen kekayaan untuk keluarga kaya. Ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mentransfer kekayaan secara efektif antar generasi.

Salah satu keistimewaan family office ialah pembebasan pajak bagi para investor yang menempatkan dananya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, cara kerja Family Office adalah dana dari orang kaya raya di dunia diperbolehkan disimpan di Indonesia.

Namun, pemilik dana harus melakukan investasi di beberapa proyek di Indonesia.

“Mereka (orang superkaya dunia) tidak dikenakan pajak tapi harus investasi, dan (dari) investasi nanti akan kita pajaki,” kata Luhut melalui akun resmi Instagram-nya @luhut.pandjaitan.

sumber: suara

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *