Dokter Menjelaskan Alasan Medis Mengapa Olahraga Membuat Anda Terlihat Awet Muda

Olahraga
Olahraga
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – OLAHRAGA dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Namun nyatanya lebih dari itu, menurut Dokter jantung, Dr. Furqon Satria, olahraga juga terbukti membantu masyarakat awet muda. Mengapa? Berikut ulasannya.

Dokter Furqan menjelaskan, masyarakat sering meremehkan manfaat olahraga dalam jangka panjang. Faktanya, berbagai jenis olahraga, meski dengan intensitas rendah, dapat bermanfaat mencegah ejakulasi dini, asalkan dilakukan secara konsisten.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Olahraga bikin awet muda!! Kita cenderung underestimate benefit jangka panjang latihan low to moderate intensity,” ujar dr.Furqon, dalam cuitan di akun X miliknya, @fsapradana.

Dokter Furqon melanjutkan, tipe jenis olahraga dengan intensitas ringan maupun sedang yang dilakukan secara konsisten juga terbukti bisa meningkatkan efisiensi dan volume mitokondria. Hasilnya, tubuh menjadi lebih banyak energi dan cenderung tidak mudah lelah, dibanding mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Seperti diketahui, mitokondria merupakan sebuah mesin penghasil energi tubuh dalam sel. Fungsi mitokondria yang paling utama adalah menghasilkan sebagian besar energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh, beraktivitas, dan menjaga kelangsungan hidup. Berkat fungsi ini, mitokondria dikenal sebagai ‘pembangkit tenaga sel’.

“Tipe latihan ini meningkatkan efisiensi dan volume mitokondria, mesin penghasil energi tubuh dalam sel. Efeknya? Tubuh lebih banyak energi dan tidak mudah lelah,” tuturnya.

Dokter Furqon juga menambahkan, bonus utama yang didapatkan dari mitokondria yang sehat karena kebiasaan olahraga tersebut adalah seseorang akan jadi tampak lebih muda.

“Apa efek lain dari mitokondria yg sehat? Tampak lebih muda,” ucapnya.

Dengan kata lain, makin banyak mitokondria, makin banyak juga kolagen yang dihasilkan. Kolagen adalah protein yang penting untuk kekuatan, kekenyalan, dan elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh kita cenderung menurun, yang dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Dengan berolahraga secara teratur, kita dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh kita, sehingga kulit tetap kencang dan awet muda.

Diadaptasi sebagian perubahan dengan AI

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar