Jangan Menghina Orang Bodoh, Mereka Banyak Berkahnya, Kata Gus Baha, Kok Bisa?

Jangan Menghina Orang Bodoh
Gus Baha
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Banyak orang yang belum mengetahui bahwa orang yang kelihatannya bodoh ternyata mempunyai banyak barokah. Artinya, orang bodoh juga mendatangkan keberkahan.

Hal itu diungkapkan ulama yang merupakan murid Mbah Moen alias KH Ahmad Bahauddin Nur Salim atau biasa dikenal Gus Baha.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pandangan Gus Baha mungkin sekilas terlihat aneh dan bertentangan dengan pandangan serta pendapat masyarakat umum.

Namun jika dicermati dari sudut pandang dan contoh nyata yang disampaikan Gus Baha, terlihat jelas bahwa kebodohan juga berpotensi menghasilkan keberkahan.

Bukti Bodoh Banyak Barokahnya

Berdasarkan penuturan beliau, perihal bodoh banyak barokahnya ini sering kali beliau sampaikan di sela-sela tausiyahnya.

“Saya berkali-kali ngaji, bodoh barokahnya banyak,” terangnya dikutip dari tayangan YouTube Bekal Kita, Kamis (03/07/2024).

Gus Baha menyuguhkan contoh empirik perihal kebodohan ini justru melahirkan keberkahan. Orang bodoh justru berkiprah dakwah Islam di wilayah pedalaman atau terpencil, yang mana wilayah-wilayah tersebut enggan diunjungi oleh orang-orang yang pintar.

Orang bodoh akhirnya menempat di pedalaman Kalimantan, Sulawesi, akhirnya bikin masjid di situ,” jelasnya.

“Kalau dia alim, jadi Ketua MUI di Jakarta, tidak akan memiliki desa binaan. Jadi Allah mendesain ini sudah sempurna,” sambungnya.

“Coba ada orang alim ‘allamah, kira-kira kan tidak akan di pedalaman Kalimantan, Sulawesi,” tandasnya.

Orang Bodoh Itu Desain Allah

Berkahnya ada orang bodoh, maka menurut Gus Baha tersiarnya kebaikan dan dakwah Islam itu mampu menjamah seluruh wilayah di muka bumi.

Oleh sebab itu kehadiran orang bodoh tak lepas dari desain Allah SWT. Jadi, jangan anggap kehadiran orang bodoh ini tidak bermanfaat sama sekali. itu sebuah kekeliruan.

“Baokahnya santri agak bodoh, akhirnya kerja di dalam hutan, kerja di kampung-kampung, akhirnya ada di mana-mana,” paparnya

“Kalau pintar semua di UNISMA semua, jadi rektor. Jadi, Allah mendesain ini sudah baik, tidak usah dipaksakan sesuai versi kamu, tidak usah,” tandasnya.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar