Kultum 493: Supaya Tidak Cepat Marah

Supaya Tidak Cepat Marah
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Seorang yang cepat marah dan tidak bisa mengendalikan diri ketika berdebat dengan siapa pun, bahkan orang tuanya bertanya, “Bagaimana cara dan sarana untuk menghindari cepat marah?” Pertanyaan dijawab oleh pemateri sebagai berikut.

Allah telah memerintahkan kita untuk menghormati orang tua kita dan memperlakukan mereka dengan baik dalam perkataan dan perbuatan, dan dia telah melarang kita untuk menyakiti mereka dengan kata dan perbuatan, bahkan dengan cara sekecil apa pun. Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالۡوَالِدَيۡنِ

اِحۡسَانًا‌ ؕ اِمَّا يَـبۡلُغَنَّ عِنۡدَكَ الۡكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ

اَوۡ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنۡهَرۡهُمَا

وَقُلْ لَّهُمَا قَوۡلًا كَرِيۡمًا‏

Artinya:

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik (QS. Al-Isra’, ayat 23).

وَاخۡفِضۡ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحۡمَةِ

وَقُلْ رَّبِّ ارۡحَمۡهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِىۡ صَغِيۡرًا

Artinya:

Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil” (QS. Al-Isra’, ayat 24).

Dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menasihati kita untuk tidak marah, yaitu menghindari penyebab yang mengarah ke itu dan berhati-hati terhadap apa yang mungkin diakibatkannya. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa seorang pria berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Nasehatkan aku”. Dia bersabda, “Jangan marah”. Dia mengulangi pertanyaannya beberapa kali dan dia bersabda, “Jangan marah” (HR. al-Bukhari, no. 5765).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *