Dosanya Berlipat Ganda, Jangan Lakukan di Bulan Muharram, Kata UAH

Jangan Lakukan di Bulan Muharram
Ustadz Adi Hidayat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Ustadz Adi Hidayat (UAH) terkenal dengan gaya ceramahnya yang detail dan mendalam, tegas namun jenaka serta mudah dipahami jamaahnya.

Pengetahuan yang luas dan mendalam serta pengetahuan mengenai seluk-beluk hukum Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an dan hadis menyebabkan citra UA semakin melekat di benak masyarakat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam ceramah yang dikutip di channel YouTube @sehalfwali-wf3kv, UAH menyampaikan pesan penting tentang pentingnya bulan Muharram dalam ajaran Islam.

Ustadz Adi Hidayat menegaskan, dosa yang dilakukan di bulan Muharram bisa semakin parah dan semakin bertambah.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan haram utama dalam Islam. Bulan ini adalah waktu yang baik bagi umat Islam untuk menjauhkan diri dari perbuatan haram.

“Maka jangan lakukan yang haram,” tegas Ustadz Adi Hidayat dalam ceramahnya.

Kesempatan Emas Lipatgandakan Pahala

Ustadz Adi Hidayat mengutip pandangan sahabat Nabi, Ibnu Abbas radhiallahu taala anhuma, yang menyatakan bahwa jika seorang Muslim sengaja melakukan perbuatan haram di bulan-bulan haram, termasuk Muharram, potensi dosanya bisa dua kali lipat dibanding hari-hari biasa.

Dalam ceramah tersebut, Ustadz Adi Hidayat juga mengingatkan bahwa sebaliknya, jika seseorang melakukan perbuatan mulia atau kebaikan di bulan Muharram, maka pahala yang diterima juga bisa berlipat ganda.

“Hal ini sejalan dengan pandangan para ulama yang menghargai keutamaan bulan-bulan haram,” katanya.

Bulan Muharram, menurut Ustadz Adi Hidayat, adalah waktu yang penuh berkah dan kesempatan emas bagi umat Muslim untuk meningkatkan kualitas ibadah dan menjauhkan diri dari perbuatan yang dilarang.

“Bulan ini khusus untuk berlatih meninggalkan yang haram,” ujarnya.

Ustadz Adi Hidayat juga menekankan pentingnya pemahaman yang benar tentang dosa dan pahala dalam bulan Muharram. Ia berharap agar umat Muslim tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk meraih pahala yang berlipat ganda dengan memperbanyak amal shaleh.

Keutamaan Bulan Muharram

Lebih lanjut, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa keutamaan bulan Muharram sudah dijelaskan dalam berbagai hadis dan riwayat.

“Bulan ini dianggap sebagai salah satu bulan yang paling mulia dalam kalender Islam, sehingga umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan menjauhkan diri dari dosa,” tambahnya.

Dalam ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat juga menyarankan agar umat Muslim memanfaatkan bulan Muharram untuk melakukan introspeksi diri.

Dengan demikian, mereka dapat mengevaluasi perilaku dan perbuatan yang telah dilakukan selama ini dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

UAH mengingatkan bahwa perbuatan baik yang dilakukan di bulan Muharram dapat membawa berkah dan kemuliaan yang besar.

Oleh karena itu, ia mendorong umat Muslim untuk memperbanyak sedekah, shalat sunnah, membaca Al-Quran, dan berbuat baik kepada sesama.

Sebaliknya, Ustadz Adi Hidayat mengingatkan agar umat Muslim benar-benar menjauhi perbuatan dosa di bulan Muharram.

Dengan demikian, mereka dapat menjaga diri dari hukuman yang lebih berat dan menghindari penyesalan di kemudian hari.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *