Hati-Hati, Konsumsi Minuman dan Makanan Panas Bisa Menyebabkan Kanker

Konsumsi Minuman Panas Bisa Menyebabkan Kanker
ilustrasi: minuman panas
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMenyantap minuman dan makanan panas memang menyenangkan. Dimakan apalagi di cuaca hujan seperti sekarang. Biasanya kopi, teh atau sup menjadi konsumsi utama masyarakat. Pasalnya mengonsumsi makanan tersebut saat cuaca dingin dapat membantu menghangatkan tubuh.

Namun, sebaiknya hati-hati karena mengonsumsi makanan dan minuman panas bisa menyebabkan kanker lho. Hal ini dilakukan oleh Dokter Spesialis Gizi dr Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

dr Christopher menjelaskan kategori makanan dan minuman panas yang dapat menyebabkan kanker pada suhu tinggi. Minuman panas dengan suhu 40 hingga 60 derajat dapat menyebabkan kanker.

“Kalau langsung diminum atau makan, bisa merusak sel yang ada di tenggorokan,” ujar dr Christopher seperti dikutip dari Podcast Raditya Dika, Senin (8/7/2024).

Lebih lanjut dr Christopher sel yang rusak akibat minuman dan makanan panas biasanya akan meregenerasi secara alami menjadi jaringan baru dan itu akan memicu sel kanker.

“Kalau minum-minuman panas terlalu sering berisiko kanker nasofaring,” katanya.

Untuk itu dr Christopher mengimbau kepada masyarakat untuk tidak langsung mengonsumsi minuman atau makanan dalam kondisi panas.

“Kalau bisa dibuat adem dulu deh, anget-anget kuku itu akan lebih aman. Jangan pas baru matang langsung diseruput,” katanya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *