Sehat..Sehat… ! Ratusan Jemaah Mengikuti Senam Haji, Antisipasi Penyakit Jantung di Tanah Suci

Jemaah Haji Mengikuti Senam Haji
Jemaah Haji Mengikuti Senam Haji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKlinik Kesehatan Indonesia (KKHI) Madinah menjalankan program kesehatan bagi jamaah haji yang saat ini berada di Madinah. Selain penguatan kesehatan, pihak tersebut juga mengadakan senam gerakan menyehatkan jantung.

Ratusan Jemaah mengikuti acara bertema “Ngobras Gerakan Jantung Sehat Jemaah Haji” di Arjwaan Al Saadah Hotel, Madinah. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Daker Madinah, Ali Machzumi, Kepala Dinas Kesehatan PPIH Arab Saudi, Indro Murwako, dan para tenaga kesehatan klinik sektor di Madinah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kegiatan ini adalah sosialisasi kesehatan jemaah haji, fokusnya adalah agar jemaah haji menjaga kondisi kesehatannya, agar bisa kembali ke Tanah Air sesuai jadwal,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan PPIH Arab Saudi dr Indro Murwoko, Selasa (9/7/2024).

Menurutnya, sosialisasi ini sebagai bentuk antisipasi kesehatan para jemaah sebelum mereka diberangkatkan pulang ke Tanah Air. Kata Indro, jemaah haji yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) sebagian besar menderita sakit paru-paru dan jantung.

“Karena memang kita ketahui, penyakit jantung paling banyak diderita jemaah haji dan apabila tidak diantisiapasi dari awal bisa menyebabkan jemaah sakit dan harus dirawat di rumah sakit bahkan bisa menjadi fatal,” kata Indro.

Jemaah haji yang hadir mayoritas merupakan adalah lanjut usia (lansia). Mereka turut mengikuti senam haji yang dipandu oleh tenaga kesehatan. Selain itu, jemaah juga diberikan kesempatan untuk berkonsultasi mengenai kesehatan yang mereka keluhkan selama berada di Tanah Suci.

Mereka diimbau untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama berada di Madinah hingga menjelang kepulangannya ke Tanah Air. Jemaah diminta tak memaksakan ibadah sunnah ke Masjid Nabawi terlebih cuaca panas siang hari di Madinah cukup ekstrem mencapai 44 derajat celsius.

Sumber: detik

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *