7 Makanan Super Yang Bisa Membuat Anda Panjang Umur, Apakah Anda Yakin Tidak Ingin Mencobanya?

Makanan Super Yang Bisa Membuat Anda Panjang Umur
Daun Kelor
banner 400x400

Hajinews.co.idHidup lebih lama di dunia mungkin menjadi dambaan setiap orang. Banyak di antara kita yang bercita-cita tidak hanya untuk hidup lebih lama, namun juga untuk hidup lebih lama dan sehat secara fisik dan mental. Ada banyak cara untuk mencapai hal tersebut, salah satunya adalah pola makan sehat.

Pernahkah Anda mendengar istilah superfood? Ya, superfood atau makanan super merupakan sekelompok makanan yang dianggap bergizi atau kaya nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ahli diet terdaftar Beth Czerwony, RD, mengutip situs Cleveland Clinic mengungkapkan bahwa tidak ada kriteria khusus mengenai makanan apa yang dianggap superfood atau makanan super. Namun nama ini biasanya mengacu pada makanan alami yang kaya nutrisi dan rendah kalori.

“Makanan super membantu meningkatkan kesehatan dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko pencegahan atau perkembangan penyakit,” kata Czerwony seperti dikutip, Rabu (25/9/2024).

Makanan super secara khusus kaya akan antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, serta penyakit lainnya. Selain itu, makanan ini juga mengandung mineral penting seperti kalsium, kalium, dan zat besi yang mendukung fungsi optimal tubuh, serta vitamin yang lebih baik didapatkan dari sumber alami dibandingkan suplemen.

Makanan super juga sering mengandung serat yang membantu menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan mengontrol gula darah pada diabetes tipe 2. Selain itu, flavonoid yang terdapat dalam tumbuhan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker, sementara lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan ganda membantu menurunkan kolesterol serta mencegah penyakit jantung dan stroke.

Berikut ini daftar makanan super yang disebut-sebut dapat membuat panjang umur. Mengutip dari sejumlah sumber, ini tujuh di antaranya.

Daun Kelor

Daun kelor dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan. Daun kelor terbukti memiliki nilai gizi yang tinggi, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber pangan dan gizi untuk keluarga. Bahkan, superfood ini menjadi incaran di sejumlah negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika Serikat (AS).

Daun kelor mengandung isotiosianat yang mampu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko kanker payudara. Selain itu, daun ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dengan mencegah pembentukan plak di arteri dan menurunkan kadar kolesterol. Kandungan antibakteri dan antijamur di dalamnya dapat membantu melawan patogen berbahaya dalam sistem pencernaan, serta berperan dalam menurunkan gula darah dan melindungi tubuh dari keracunan arsenik.

Daun kelor juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang berfungsi memperkuat imunitas tubuh. Bagi ibu menyusui, daun kelor dapat melancarkan produksi ASI. Selain itu, kandungan vitamin C pada daun ini mempercepat proses penyembuhan luka, menjadikannya salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh.

  1. Kacang Almond

Kacang almond merupakan sumber nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun secara signifikan jika dikonsumsi dalam makanan sehari-hari.

Menukil dari laman Times of India, Kacang almond kaya akan 15 nutrisi penting, termasuk vitamin E, seng, folat, tembaga, dan magnesium yang memastikan peningkatan imunitas, yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Bahkan, menurut pedoman yang dibagikan oleh Otoritas Keamanan dan Standar Pangan India (FSSAI), kacang almond harus dikonsumsi setiap hari karena mengandung magnesium, yang berperan penting dalam membangun imunitas bawaan dan adaptif dengan meningkatkan imunoglobulin.

  1. Jahe

Jahe terkenal karena sifat anti-radang dan antioksidannya. Jahe membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengurangi risiko infeksi dan mendukung pertahanan alami tubuh. Menambahkan jahe ke dalam teh, sup, atau makanan merupakan cara yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Kunyit

Menurut Sheela Krishnaswamy, konsultan nutrisi dan kebugaran, mengungkap bahwa  kunyit merupakan rempah yang banyak digunakan dalam masakan India, mengandung kurkumin, senyawa yang dikenal karena efek antiradang dan antioksidannya yang kuat.

Memasukkan kunyit ke dalam makanan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi selama musim hujan. Kunyit dapat dikonsumsi dengan menambahkannya ke dalam air hangat atau susu, sup, kari India, kaldu, dan semur.

  1. Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik , yang mendukung kesehatan usus dan, pada gilirannya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi yogurt secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri usus yang sehat, yang penting untuk respons kekebalan tubuh yang kuat.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi yogurt adalah di pagi atau sore hari ketika sistem pencernaan umumnya lebih aktif, memungkinkan penyerapan nutrisi yang optimal, terutama probiotik yang bermanfaat.

  1. Jeruk nipis

Lemon merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dengan membantu melawan radikal bebas dan mendukung tubuh melawan infeksi.

Menambahkan lemon ke dalam air, salad, atau makanan tidak hanya dapat meningkatkan rasa tetapi juga memberikan dorongan yang menyegarkan bagi kesehatan kekebalan tubuh selama musim hujan.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan rempah yang sering dianggap sebagai makanan super, terutama selama musim hujan, karena kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit musiman.

Bawang putih mengandung allicin, senyawa dengan sifat antimikroba dan antioksidan yang ampuh yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Itu dia deretan makanan super yang bisa membuat panjang umur. Yakin nggak mau coba?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *