Kemenag Sebut Masjid Harus Ramah Lingkungan sebagai Kontribusi Nyata dalam Isu Perubahan Iklim

banner 400x400

Hajinews.co.id — Kementerian Agama (Kemenag) RI mendorong pengembangan inovasi masjid ramah lingkungan (Eco-Friendly Masjid) melalui gelaran International Symposium on Innovative Masjid (ISIM) yang akan berlangsung di Surakarta, 1-3 Oktober 2024 mendatang.

“Masjid harus menjadi pusat peradaban yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam menghadapi tantangan global, termasuk isu perubahan iklim,” kata Plt Direktur Urusan Agama Islam, Kemenag RI Ahmad Zayadi melalui keterangan di Jakarta, Sabtu (28/9).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Zayadi menekankan masjid memiliki peran strategis sebagai pusat peradaban yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga pusat pembelajaran dan transformasi sosial.

Oleh karenanya, Kemenag menggelar ISIM 2024 sebagai langkah penting untuk menegaskan kembali peran masjid sebagai institusi yang adaptif terhadap perkembangan zaman.

“Kita perlu memikirkan ulang bagaimana masjid bisa lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat modern, termasuk menjadi pelopor dalam implementasi teknologi ramah lingkungan,” ujarnya.

ISIM 2024, kata Zayadi, juga akan menekankan pentingnya pengembangan masjid ramah lingkungan perihal efisiensi energi.

“Dengan mengintegrasikan konsep eco-masjid, kita juga dapat membangun kesadaran jamaah untuk hidup lebih selaras dengan kelestarian alam,” terangnya.

Zayadi menekankan urgensi pengembangan masjid ramah lingkungan di era sekarang sangat penting mengingat dampak perubahan iklim yang semakin nyata.

“Saat ini, masjid harus menjadi contoh nyata dari kepedulian lingkungan dan keberlanjutan. Ini adalah tanggung jawab moral kita bersama,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kepala Subdit Kemasjidan Kemenag RI Akmal Salim Ruhana menjelaskan kegiatan ISIM 2024 akan berlangsung dalam sesi presentasi, bedah buku, dan diskusi bersama para pakar di bidang pengembangan masjid dan lingkungan.

“Di momen ISIM 2024 ini juga akan berlangsung Pameran Foto Masjid Ramah Lingkungan dan Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (Ampera) yang diikuti oleh berbagai masjid dari seluruh Indonesia,” paparnya.

Sumber: MediaIndonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *