Waspada! 7 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Orang

banner 400x400

 

Jakarta, Hajinews.id – Penyakit bisa datang pada kita kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal waktu dan kondisi. Karenanya, kita harus menjaga kesehatan serta pola makan kita agar terhindar dari beberapa penyakit tertentu.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Salah satunya kanker, beberapa gejala kanker mungkin pernah kita alami namun kita tak menyadarinya karena terlalu acuh dengan kesehatan tubuh.

Berikut 7 gejala kanker yang sering terjadi pada tubuh kita dan banyak diabaikan oleh beberapa orang, dilansir dari Instagram @oksehat.

1. Batuk atau suara serak
Jika anda batuk tak kunjung sembuh, bisa jadi tanda dari kanker paru-paru atau kanker tiroid atau limfoma.

2. Benjolan
Sebaiknya anda memeriksakan benjolan aneh yang anda temukan di tubuh. Dalam beberapa survei 7,5 persen orang melaporkan benjolan yang mereka temukan ditubuh. Sementara 67 persen tidak menghubungi dokter, dan 77 persen tidak berfikir itu bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius.

3. Perubahan pada kebiasaan buang air besar
Perubahan yang terjadi pada kebiasaan buang air besar bisa jadi tanda dari sesuatu yang serius. Sementara gangguan ini biasanya disebabka karena makanan atau obat tertentu. Jika anda melihat hal itu terjadi secara teratur selama beberapa waktu, itu juga bisa menjadi tanda dari kanker usus besar.

4. Rasa nyeri yang tak terjelaskan
Nyeri yang terjadi secara teratur adalah cara tubuh untuk memberi sinyal. The American Cancer Society mengatakan bahwa rasa sakit akibat kanker biasanya menandakan bahwa sel-sel kanker telah menyebar.

5. Penurunan berat badan yang tak terjelaskan
The American Cancer Society menyebut bahwa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan bisa jadi tandaawal dari kanker. Tanda peringatan ini umumnya terjadi pada mereka yang menderita kanker pankreas, perut, paru-paru, atau kanker kerongkongan.

6. Kesulitan menelan
Penyempitan tenggorokan yang terjadi untuk sementara waktu bisa disebabkan oleh masalah sistem saraf atau kekebalan tubuh, atau bisa menjadi tanda kanker kerongkongan, lambung atau tenggorokan.

7. Sakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh
Sakit tenggorokan yang terjadi terus menerus bisa menjadi tanda untuk sesuatu yanga lebih parah, seperti kanker laring atau kanker tenggorokan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *