Batal Hadir di Ijtima Ulama, Ma’ruf Amin Disebut Berubah

Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin. (Foto: Liputan6)

BOGOR, hajinews.id – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin batal hadir dalam agenda Ijtima ulama di Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (17/12/2019). Ma’ruf sebelumnya sudah diagendakan bakal memberi orasi ilmiah dalam acara yang digelar dua kali dalam setahun itu.

Ketua MUI Kabupaten Bogor, Mukri Aji, menyebut Ma’ruf Amin kini telah berubah. Dia mengatakan dulu sebelum jadi Wapres, Ma’ruf selalu menghadiri pembukaan atau penutupan wisuda Pendidikan Kader Ulama atau PKU. Namun kini karena kesibukan sebagai ulama yang juga pejabat negara, Mukri menyebut keterbatasan waktu Ma’ruf menjadi alasan ketidak hadirannya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Dulu beliau sering hadir saya tahu betul beliau. Kini sedang ada rapat kabinet, jadi tugas negara itu,” kata Mukri di gedung Tegar Beriman, Komplek Pemerintahan Kabupaten Bogor, Cibinong, Selasa (17/12/2019).

Sebelumnya, Mukri menuturkan, kehadiran Ma’ruf Amin sangat dinantikan oleh para ulama peserta Ijtima. Karena figur Kiai Maruf yang pernah menjadi pemimpin tertinggi lembaga ulama baik di MUI maupun PBNU menjadi panutan dalam menjalankan dua fungsi sekaligus, yaitu ulama yang umaro dan umaro yang ulama.

Sementara itu Sekretaris bidang organisasi MUI Kabupaten Bogor Irfan Awaludin mengatakan acara kedua ijtima ulama ini memang mengundang Ma’ruf Amin. Setelah sebelumnya Ijtima Ulama pertama pada tahun 2018, Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi hadir.

Acara ini tersebut diselenggarakan untuk menguatkan peranan ulama, mendampingi pemerintah secara eksekutif dalam menjaga dan membentuk masa depan bangsa lewat PKU. “Iya kami gelar ijtima ini dua kali dalam setahun,” jelas dia. (rah/tempo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *