Ketika Jemaah Haji asal Medan Menangis Lihat Uwais Al Qarni asal Karachi Menggendong Ibunya di Terowongan Mina

Uwais Al Qarni asal Karachi Menggendong Ibunya
Ketika Jemaah Haji asal Medan Menangis Lihat Uwais Al Qarni asal Karachi Menggendong Ibunya di Terowongan Mina
banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id – Pernahkah Anda membaca kisah Uwais al Qarni (594-657 M), seorang anak Tabiin Yaman yang menggendong ibunya dengan berjalan kaki untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah?

Sosok mirip Uwais al Qarni terlihat di “Terowongan” Nafaq di Muaishim Mina di Mekkah pada Jumat sore (30 Juni 2023).

Bacaan Lainnya


Pelihat adalah seorang polisi dari Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Namanya; Ajun Komisaris Polisi Erianto Tanjung.

Sedang yang dilihat adalah ibu dan anak asal Sindh Karachi, Pakistan. Si anak ala Uwais itu bernama Mohammad Riswan, 52 tahun.

Sedangkan si ibu berusia 102 tahun. Ghulam Jannah, namanya. Ghulam dalam bahasa Arab Urdu berarti pelayan. Sedangkan Jannah bermakna sorga dalam bahasa Arab.

“Terus terang saya iri Bang! Dia jalan kaki, makanya saya ikuti dan saya tawarkan air minum. Alhamdulillah,” ujar Erianto, usai aksi heroik itu.

Eri adalah jamaah haji Kloter 15 embarkasi Kualanamu (KNO), Medan. Kala personel Polisi Resort Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam itu memberi air mineral botolan, seorang wanita jamaah Indonesia lain, juga terllihat datang menawarkan susu segar kemasan.

Erianto melihat Uwais Al Qarni asal Karachi itu, saat perjalanan pulang dari lantai 3 jembatan Jamarat Mina. Eri juga tak kuasa menyembunyikan respek dan rasa cemburunya.

“Ibu saya masih hidup Bang, sudah dua kali berhaji dia. Saya sudah baca kisah Uwais lama, tapi baru kali ini lihat menggendong ibu naik haji  seperti ini di Mina.” kata Erianto.

Sebelumnya, saat Riswan menggendong ibunya dari maktab tenda Mina ke Jamarat, sudah melihat bakti sejati sang anak ke ibu.

Di sepanjang perjalanan, Riswan mengundang decak kagum, simpati dan respek banyak. Diam-diam, banyak yang mengabadikan momen itu di sepanjang 2,1 km jalur Terowongan Mina ke Jamarat.

Dan, Tribun pun memberanikan diri mendekat dan bertanya, siapa gerangan sosok Uwais Al Qarni di Terowongan Mina ini.

Sayang, upaya mengorek informasi dalam terkendala “bahasa”. Si anak hanya tahu beberapa kosa kata Arab atau Inggris sederhana. Sisanya, Urdu.

Informasi Nama, usia, asal, jumlah saudara Tribun peroleh dari pertanyaan bahasa Arab campur Inggris. Sementara informasi, Riswan menggendong ibu dari Karachi, pakai lewat jalur laut, dan jalan kaki, mengunakan bahasa isyarat, dan gambar.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *