Jasa Marga: Jumlah Pemudik yang Meninggalkan Jakarta Meningkat

Ilustrasi. Foto: Tempo

Jakarta, hajinews.id-PT Jasa Marga (Persero) Tbk Regional Jabodetabek Jabar  mencatat adanya peningkatan volume kendaraan di sepanjang ruas Jalan Tol Jabodetabek Jabar pada H-4 jelang hari Raya Natal 2019.

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Susiyanti mengatakan, peningkatan volume kendaraan terjadi di beberapa Gerbang Tol (GT) Ruas Jabodetabek Jabar yang mengarah meninggalkan Jakarta. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan Volume Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) normal.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dari arah timur, kendaraan pemudik yang meninggalkan Jakarta menuju Bandung dan sekitarnya melalui GT Kalihurip Utama 1 sejumlah 41.413 kendaraan atau naik 24,53 persen dari LHR normal.

Sementara dari arah Barat, untuk jumlah kendaraan dari Jakarta menuju ke Merak dan sekitarnya melalui GT Cikupa yang berada di Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak (milik PT Marga Mandalasakti) sejumlah 48.222 kendaraan atau naik 3,28 persen dibanding LHR normal.

Sementara arah selatan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju ke arah Selatan (Sukabumi dan sekitarnya), melalui GT Ciawi di Ruas Jalan Tol Jagorawi sebesar 40.137 kendaraan, meningkat 6,58 persen dari LHR normal.

Sedangkan dari arah utara, jumlah kendaraan dari arah Jakarta yang menuju ke Bandara Soekarno Hatta dan sekitarnya melalui GT Cengkareng yaitu sejumlah 99.205 kendaraan, jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 8,49 persen bila dibandingkan LHR normal.

“Diprediksi pada hari ini, Sabtu (21/12) atau H-4 Natal 2019, masih akan terjadi peningkatan volume arus mudik (yang meninggalkan Jakarta),” ujarnya dalam keterangan resminya, Sabtu (21/12).

Irra menjelaskan, antisipasi kepadatan di ruas Jalan Tol Jabodetabek Jabar pada Sabtu (21/12) dilakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik rawan kepadatan seperti pemberlakuan contra flow mulai KM 44+000 s.d KM 46+400 Jalan Tol Jagorawi arah Ciawi sejak pukul 05.52 WIB.

Kemudian, petugas juga akan melakukan pengalihan lalin dari Ramp 3 ke Ramp 1 pada Simpang Susun Cikunir melalui sodetan Kalimalang 2 untuk menghindari kepadatan dari arah JORR menuju Cikampek, sejak pukul 08.30 WIB hingga 09.45 WIB.

“Diimbau kepada para pengguna jalan untuk memastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik,” tuturnya.(wh/jawapos)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *