Banjir Jakarta, Bandara Halim Ditutup Sementara

Ilustrasi bandara. (Foto: CNN Indonesia)
banner 400x400

JAKARTA, hajinews.id – Sejumlah penerbangan di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, mengalami penundaan akibat cuaca buruk dan hujan deras yang terjadi sepanjang dini hari hingga pagi ini, Rabu (1/1/2019).

Sejak pukul 6.30 WIB hingga sekitar pukul 09.00 WIB, belum ada satupun pesawat yang melakukan penerbangan (take off) dan pendaratan (landing). “Di bandara tidak ada satu pun pesawat yang landing atau terbang, pesawat kecil maupun besar. Di landasan tidak ada aktivitas sama sekali,” demikian laporan CNNIndonesia TV.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Sejumlah penerbangan dari beberapa maskapai nasional seperti penerbangan Kuala Namu, Samarinda, dan beberapa lain mengalami penundaan. Beberapa pendaratan juga dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.”

Ratusan penumpang terpaksa menunggu di bandara karena penerbangan tak bisa dilakukan. Ada penumpang yang menanti hingga sekitar 3 jam lebih. Pembatalan penerbangan belum ada pengumuman, penerbangan ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan penutupan penerbangan imbas dari kondisi bandara tersebut yang terlanda banjir.

“Halim Perdanakusuma closed karena sekitar halim dan bandara banjir,” jelas dia saat dikonfirmasi.

Penutupan bandara demi menjaga keselamatan. Penutupan berlangsung sejak pagi hari. Ini berdasarkan informasi dari pengelola Bandara Halimperdanakusuma.

Kemenhub dan pengelola bandara dipastikan akan terus memantau kondisi yang terjadi.

Berdasarkan laporan masyarakat melalui media Twitter menyebutkan akibat hujan deras, runway Bandara Halim tergenang sekitar 30 cm. Area yang tergenang sekitar 500 m. Area pembuangan air juga sudah penuh/banjir.

Selain itu, akses jalan bandara juga digenangi air sehingga menyulitkan calon penumpang pesawat menuju bandara. (rah/cnnindonesia/liputan6)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *