Punya Asam Lambung Akut? Jangan Risau, Coba Resep Ini

banner 400x400

Jakarta, hajinews.id-Berita meninggalnya Lina, mantan istri komedia Sule cukup mengejutkan dunia hiburan tanah air. Sebelum tutup usia, Ibu dari Rizky Febian sempat pingsan pada Sabtu subuh di kediamannya. Ia diketahui memiliki riwayat penyakit lambung.

Pengacara Lina, Abdurrahman T. Pratomo mengatakan, ada kemungkinan Lina meninggal dunia karena faktor kelelahan seusai berlibur.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Terus saya tanya itu sakitnya apa ke keluarganya. Dia memang punya riwayat penyakit lambung. Mungkin juga ada komplikasi dengan darah tinggi karena kecapekan habis liburan,” lanjutnya dikutip Antara.

Asam lambung memang penyakit yang sering diderita banyak orang. Penyebabnya beragam, mulai telat makan, gaya hidup yang tidak sehat hingga kurang istirahat.

Namun jangan khawatir, permasalahan pencernaan bisa diatasi dengan konsumsi bahan herbal. Berikut ulasannya dihimpun dari Healthy Guide.

Jahe

Jahe sudah digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan sejak berabad abad yang lalu. Beberapa studi menunjukkan, jahe dapat membantu meredakan gejala mual dan muntah. Tidak seperti obat obatan kimia, jahe tidak menimbulkan efek samping yang berarti. Tambahkan jahe segar saat memasak makanan, atau taburkan bubuk jahe pada makanan sebelum disantap.

Beberapa studi membuktikan, daun atau akar dandelion bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan merangsang nafsu makan. Dandelion membantu pelepasan asam lambung dan asam empedu sehingga berujung pada peningkatan kesehatan sistem pencernaan.

Herbal ini juga merupakan nutrisi penting untuk membersihkan dan memperbaiki fungsi liver. Gunakan daun atau akar dandelion sebagai teh atau bisa mengonsumsi langsung daun dandelion segar sebagai salad.

Peppermint

Studi menunjukan, setelah diberikan kaspul minyak peppermint, pasien yang menderita irritable bowel syndrome mengalami penurunan gejala nyeri perut (40%) dan penurunan gejala kembung (50%). Pada studi yang dilakukan di Jerman, penderita maag kronis mengalami penurunan keluhan setelah mengonsumsi peppermint. Peppermint bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau dibuat teh.

Jeruk nipis

Herbal ini telah digunakan sejak dulu sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Jeruk nipis mengandung anti oksidan yang membantu mengatasi perut kembung dan maag. Campur jeruk nipis dan air hangat lalu konsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan.(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar