BMKG: Waspada, Intensitas Curah Hujan Meningkat di Jabodetabek

Ilustrasi hujan. (Istockphoto/FeelPic)

JAKARTA, hajinews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca pada Senin dini hari (6/1/2020). Untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diguyur hujan sedang hingga lebat disertai petir dan anging kencang.

Kondisi hujan yang dimulai pada dini hari tersebut terjadi di Cilincing, Tarumajaya, Kelapa Gading, Penjaringan, Pakuhaji, Tambun, dan sekitarnya. Kondisi cuaca itu juga dapat meluas ke wilayah Mauk, Teluknaga, Kosambi, Sepatan, Rajeg, Batuceper, Benda, Kalideres, Cengkareng, Kembangan, Kebon Jeruk, Grogol Petamburan, Tambora, Tamansari, Pademangan, Sawah Besar.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kemudian Gambir, Palmerah, Tanah Abang, Menteng, Kemayoran, Tanjung Priok, Cempaka Putih, Pulo Gadung, Johar Baru, Senen, Koja, Cakung, Bekasi Barat, Bekasi Utara, Babelan, Tambelang, Cibitung, Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Duren Sawit, Jatinegara.

Selain itu, juga di Matraman, Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Pesanggrahan, Ciledug, Cipondoh, Tangerang, Jati Uwung, Pasarkemis, Makasar, Kramat Jati, Pancoran, Pondok Aren, Cilandak, Pasar Minggu, dan sekitarnya.

BMKG memprakirakan intensitas hujan di sejumlah wilayah mulai Minggu (5/1/ 2020) meningkat. Kondisi tersebut akan berlangsung hingga Jumat (10/1/2020), dan perlu diwaspadai.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati sebelumnya mengatakan, meningkatnya intensitas curah hujan ini bukan hanya terjadi di wilayah Jabodetabek dan Jawa bagian barat. Melainkan seluruh Pulau Jawa, baik tengah maupun timur. “Jadi bukan hanya Jabodetabek,” jelasnya.

Dwikorita menambahkan, potensi hujan ekstrim juga akan terjadi di sebagian wilayah Sumatera. “Jadi potensi hujam ekstrim akan terjadi lagi, diperkirakan antara 5-10 Januari di wilayah Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jambi sampai Lampung, termasuk Jawa, tentunya Jabodetabek juga termasuk di dalamnya,” paparnya. (rah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *