Konflik AS-Iran, MUI: Indonesia Bisa Jadi Penengah

Foto: tempo

Jakarta, hajinews.id-Indonesia sejatinya bisa mengambil peran aktif sebagai penengan dalam konflik yang melibatkan Amerika Serikat (AS) melawan Iran. Harapan ini disampaikan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Azyumardi Azra.

Indonesia, menurutnya, bisa memainkan peran dengan ikut mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melakukan sidang guna mencari tahu apa yang menjadi alasan bagi AS untuk membunuh Soleimani.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dorongan kepada PBB itu, kata dia, perlu dilakukan guna mencegah dampak yang lebih besar, yakni peperangan.

“Indonesia dalam hal ini sebagai anggota Dewan Keamanan PBB bisa mengambil inisiatif segera, meminta agar Dewan Keamanan PBB bersidang dan menghentikan tindakan main hakim sendiri dari Amerika dan kemudian memicu ketegangan dan sudah mulai hari ini,” kata Azra di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu (8/1).

Indonesia di mata Azra  memiki modal untuk bisa menjadi penengah antar dua negara yang sedang memanas. Mengingat posisi Indonesia yang dapat diterima baik oleh negara-negara di wilayah Timur Tengah dan diterima baik oleh Amerika.

Selain Indonesia, negara selanjutnya yang dimilai Azra cocok dalam menengahi antara Iran dan Amerika, ialah Jepang. ”Pemerintah Indonesia harus lebih aktif karena pemerintah Indonesia ini lebih bisa diterima oleh kedua belah pihak oleh tiga belah pihak atau empat belah pihak atau tiga belah pihak, Amerika dan Israel, Indonesia bisa diterima. Kemudian dari pihak Iran, Indonesia juga bisa diterima dan pihak negara-negara Arab yang bermusuhan dengan iran itu juga bisa diterima,” ujar Azra.

“Saudi misalnya, Saudi itu kan bermusuhan dengan Iran, (Saudi) lebih senang berkoalisi dengan Amerika. Oleh karena itu, pihak pihak seperti ini yang berbeda-beda ini saya kira Indonesia berada di posisi yang bagus untuk bisa menjadi penengah. Dan kalau Indonesia satu pihak lagi yang saya kira juga lebih bisa diterina itu adalah Jepang,” katanya. (wh/suara)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *