Bunga KUR Turun Jadi 6%, Plafon Naik Menjadi Rp 50 Juta

Foto Ilustrasi. (Detik Foto)
banner 400x400

JAKARTA, hajinews.id – Pemerintah mengeluarkan empat kebijakan baru untuk meningkatkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang berlaku awal tahun ini. Selain itu pemerintah juga meningkatkan plafon penyaluran KUR mikro.

“Penurunan bunga KUR menjadi 6% dari sebelumnya 7%. Kemudian meningkatkan plafon penyaluran KUR mikro menjadi Rp 50 juta dari sebelumnya Rp 25 juta,” ujar Deputi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Iskandar mengatakan perubahan tersebut dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. “Kita sadar kalau tak diantisipasi ketidakpastian global bisa mempengaruhi. Seperti India yang ekonominya terseret dari 8% ke 4,5%. Karena itu pemerintah mendukung kebijakan KUR untuk mendorong pertumbuhan yang lebih pro rakyat,” urai Iskandar.

Iskandar menjelaskan langkah ini dilakukan agar saling menguntungkan antara bank dan penerima KUR. “Pemerintah sadar, kalau bank rugi ya tidak bisa menyalurkan. Karena itu kita buat pola B2B, bank masih untung, di sisi lain debitur mampu memenuhi kewajiban pembayaran bunga dan pokoknya,” ujar Iskandar.

Dia mengharapkan peningkatan plafon KUR ini nantinya bisa memperluas cakupan penyaluran. Hingga 2024 penyaluran KUR akan disalurkan hingga Rp 325 triliun.

Lebih lanjut Iskandar menuturkan bahwa pemerintah juga meningkatkan akumulasi plafon KUR mikro sektor perdagangan dari Rp 100 juta menjadi Rp 200 juta. Terakhir, target KUR produksi diputuskan tetap sebesar minimal 60%. Alasannya, selama ini perbankan merasa kesulitan untuk menyalurkan KUR produksi.

“Dengan kebijakan-kebijakan lebih preferred ke UMKM, diharapkan akan muncul pengusaha-pengusaha yang stages-nya bisa dari mikro, kecil, menengah bahkan besar. Pemerintah sangat yakin itu karena hampir semua berhasil,” papar Iskandar. (rah/detik)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *