Forum Silaturahmi Masjid dan Mushola Jelupang Gelar Mukernis di Puncak

Serpong, hajinews.id–Hari Sabtu hingga Ahad tanggal 1-2 Februari 2020, Forum Silaturahmi Masjid Musholah Jelupang (FSMMJ) menggelar Musyawarah Kerja Teknis (Mukernis) di Wisma Kementerian Perhubungan, Cisarua Puncak, Bogor, Jawa Barat. FSMMJ adalah organisasi tempat berkumpulnya para pengurus dari 12 Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang terdapat di Kelurahan Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan.

“Organisasi ini dibentuk sepuluh tahun yang lalu. Tahun ini sengaja mengadakan Mukernis di luar kota untuk mengevaluasi dan merencanakan program FSMMJ ke depan,” kata Ketua Presidium FSMMJ, HM Syawal Sembiring dari Masjid Al Bayyinah. Mukernis ini diikuti 71 orang dan akan membahas berbagai program menyangkut pembangunan dan penguatan aqidah umat dalam rangka mencegah gerakan pemurtadan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Hal lain yang juga akan dibahas adalah program perbaikan akhlaq dan pemberdayaan ekonomi umat. Kegiatan rutin yang selama ini dilakukan FSMMJ, jelas Syawal, adalah Safari Ahad Subuh (SAS) ke masjid-masjid anggota FSMMJ. Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan ukhuwah Islamiyah sekaligus membantu umat Islam yang tidak mampu.

Dalam kegiatan SAS ini, lanjut Syawal, selain diadakan kajian keagamaan juga ada program santunan kepada masyarakat tidak mampu berupa pemberian beras sebanyak 25 kilogram dan uang sebesar Rp 250 ribu.

Kepengurusan dalam FSMMJ bersifat kolektif kolegial sehingga diantara Ketua DKM di Kelurahan Jelupang saling bergiliran menjadi ketua FSMMJ selama dua tahun. Saat ini Ketua FSMMJ dijabat HM Syawal Sembiring. Sebelumnya dijabat H. Agus Setiawan selama dua periode, kemudian dilanjutkan oleh H. Yahya, H. Ahmad Slamet, dan H. Masruri.

Kegiatan Mukernis ini rencananya akan dihadiri Lurah Jelupang, perwakilan dari Kantor Wali Kota Tangerang Selatan dan perwakilan dari Forum Masjid dan Musholah Bumi Serpong Damai (FMMB) dan sekitarnya.

Penjelasan kegiatan FSMMJ dan Mukernis ini diberikan oleh HM Syawal Sembiring didampingi H Masruri SE MM (DKM Masjid Al Asri), H Ir Alfian Hendarsyah (DKM Masjid Al Bayyinah), Ahmad Yudhi (DKM Masjid Darurrahman) serta H Agus Setiawan (DKM Masjid Al Ikhlas) .

“Kami berharap Mukernis FSMMJ ini akan dapat menetapkan kebijaksanaan dan juga menyusun program kerja sebagai pedoman kerja organisasi FSMMJ tahun 2021 – 2025. Mukernis ini juga mengagendakan pemilihan ketua Presidium baru FSMMJ masa Khidmat 2021 – 2025,” ujar Syawal Sembiring.

Sementara itu ditempat yang sama, Ustadz HM Alfian, Ustadz H Agus Setiawan dan juga Ustadz  Ahmad Yudhi, ketiganya berharap, melalui forum Mukernis I FSMMJ ini, kedepannya akan dapat meningkatkan kerjasama antara FSMMJ dengan berbagai pihak, seperti instansi pemerintah daerah, ormas – ormas keagamaan dan juga kalangan swasta dalam rangka meningkatkan program pemberdayaan ummat.

“Melalui forum Mukernis pertama FSMMJ ini, kami juga berharap akan dapat mempersatukan akidah serta ukhuwah islamiah antar ummat umumnya dan antar para anggota FSMMJ khususnya serta akan dapat menjadikan FSMMJ sebagai organisasi yang dapat mengayomi para DKM yang tangguh dan mandiri,” tambah Ust Masruri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *