Dokter China Peringatkan Pasien Sembuh Virus Corona Bisa Kambuh

Tim medis memberi kode ke pasien virus corona. Dokter di Wuhan mengisahkan bagaimana suka duka dalam merawat pasien yang positif terkena virus. (Xinhua Foto)
banner 400x400

BEIJING, hajinews.id – Seorang dokter di China yang bekerja menangani virus corona  memperingatkan bahwa salah satu elemen paling berisiko dari virus corona adalah orang tidak memiliki kekebalan terhadapnya karena virus baru ini. Pasien yang telah sembuh dari virus corona berisiko kambuh atau tertular lagi.

Seorang dokter di komisi kesehatan China, Dr Zhan Qingyuan mengatakan,  ada kemungkinan pasien yang telah pulih dari virus corona kambuh lagi. Menurutnya, meskipun tubuh dapat menjadi kebal terhadap beberapa virus, seperti flu atau hampir sepenuhnya kebal terhadap virus lain seperti cacar air, infeksi ulang dapat terjadi.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Seperti dilansir Daily Mail, lebih dari 28.000 orang telah tertular virus corona dan kabarnya telah mencapai 909 orang meninggal dunia, dengan hampir semua kasus dan kematian terjadi di China. Namun, para ahli di Inggris mengatakan kepada MailOnline, tidak mungkin klaim Dr Zhan itu benar dan sejauh ini tidak ada bukti orang kambuh dari virus.

“Bagi pasien yang telah sembuh, ada kemungkinan kambuh. Untuk pasien yang sembuh, mereka juga harus memanfaatkan perlindungan kesehatan mereka sendiri,” jelas Dr Zhan dalam konferensi pers, media China CGTN.

Adapun cara orang mengembangkan kekebalan terhadap virus adalah dengan menciptakan zat yang disebut antibodi –bagian yang sangat spesifik dari sistem kekebalan yang mencari dan menyerang virus yang diproduksi untuk melawan.

Dr Zhan menambahkan, antibodi akan dihasilkan. Namun, pada individu tertentu, antibodi tidak dapat bertahan selama itu. Tanpa antibody yang cukup, yang menyimpan ingatan tubuh tentang cara melawan virus, seseorang dapat terinfeksi virus yang sama lebih dari sekali.

Virus juga cenderung memiliki banyak jenis. Jadi ketika tubuh memiliki antibodi untuk satu jenis, mereka mungkin masih rentan terhadap jenis lain yang menyebabkan penyakit yang sama.

Inilah sebabnya mengapa ada vaksin flu tahunan, yang diperbarui setiap tahun untuk melindungi dari jenis yang paling umum atau berbahaya. Dr Bharat Pankhania, dosen medis di Universitas Exeter mengatakan kepada MailOnline bahwa sulit untuk mengatakan dengan pasti jika apa yang dikatakan Dr. Zhan itu benar.

“Ini adalah hari yang sangat awal bagi kita untuk dapat mengatakan bahwa itu tidak menghasilkan antibodi yang mengenali kedatangan kedua coronavirus dan menindaklanjutinya,” ujar Dr Pankhania.

“Secara biologis, tubuh manusia sangat pandai mengenali virus dan menyerangnya. Jika tidak, 50% dari kita tidak akan berada di sini hari ini,” lanjutnya.

Tetapi Dr Pankhania mengakui kemungkinan kambuh tidak dapat dikesampingkan, mengutip contoh Pauline Cafferkey, perawat Skotlandia yang terinfeksi Ebola dan kambuh setelah dokter mengira ia telah pulih.

“Ada banyak yang tidak kita ketahui tentang virus corona. Kami tidak tahu bagaimana mayoritas pasien terinfeksi, atau perjalanan penyakit mereka, atau waktu pemulihan mereka, atau apakah mereka kambuh. Kami tidak tahu,” ungkapnya.

Sedangkan, Dr Paul Digard, seorang ahli imunologi di University of Edinburgh menilai klaim itu sangat tidak mungkin. Menurutnya, alasan orang tidak dapat membangun kekebalan yang tepat terhadap virus flu adalah karena mereka berubah begitu sering sehingga tubuh tidak mengenalinya.

“Ada situasi di mana (kambuh) terjadi, tetapi mengingat waktu wabah virus corona, saya pikir tidak mungkin ada bukti kuat untuk mendukung klaim ini. Sejauh ini, virus corona telah berubah sangat sedikit dan perubahan apa yang telah terjadi tidak menyarankan adanya perubahan substansial dalam (kemampuan tubuh untuk menghancurkannya). Juga patut dicatat bahwa untuk flu, skala waktu perubahan yang memungkinkan infeksi ulang diukur dalam tahun, bukan hari,” urai Dr. Digard.

Sementara itu dari Kuala Lumpur dilaporkan, seorang laki-laki warga negara China berusia 63 tahun yang menjalani perawatan di ruang isolasi Hospital Kuala Lumpur karena virus  corona dinyatakan sembuh sepenuhnya dari virus tersebut.

Dirjen Kesehatan Malaysia,  Noor Hisham Abdullah dalam laman Facebooknya, Minggu (9/2/2020), mengatakan korban yang merupakan kasus ke-10 positif virus tersebut telah diberi perawatan  dengan pengawasan terus-menerus dan tidak menggunakan obat antivirus.

“Dua tes ulang virus corona yang dijalankan berturut-turut kepada yang bersangkutan pada 7 dan 8 Februari 2020 adalah negatif. Pasien selanjutnya diperbolehkan pulang pada Minggu petang ini,” ujarnya.

Noor menyampaikan penghargaan kepada seluruh tim di Hospital Kuala Lumpur yang telah memberi perawatan yang terbaik kepada pasien. “Juga kepada Kantor Kesehatan dan Kantor Kesehatan Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dan Putrajaya yang terlibat dalam penyelidikan, verifikasi kontak dan langkah pencegahan serta pengamanan untuk mencegah penularan,” urainya.

Pada waktu yang sama, Noor Hisham juga mengatakan seorang wanita warga negara Malaysia berumur 65 tahun pada hari yang sama disahkan positif terjangkit virus corona.

“Penambahan satu kasus lagi ke pusat Pusat Kesiapsiagaan dan Respons Krisis (CPRC) Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) tersebut menjadikan 17 kasus positif dilaporkan sejauh ini dan 12 darinya merupakan warga China,” jelas dia. (rah/ berbagai sumber)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *