Manfaat Labu Siam: Dari Menurunkan Darah Tinggi hingga Mencegah Kanker

Foto: iStock
banner 400x400

HAJINEWS.ID – Sechium edule atau yang lebih dikenal dengan labu siam, adalah salah satu jenis sayur yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sayuran ini dapat langsung dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya. Rasanya yang enak dan manis membuat sayuran ini mudah untuk diolah.

Selain direbus, masyarakat umumnya menjadikan sayuran ini sebagai bahan untuk membuat sayur lodeh, lontong sayur, tumis labu, lalapan, dan lain sebagainya. Nah, kira-kira apa saja, ya, manfaat labu siam bagi kesehatan?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kandungan Nutrisi Labu Siam

Sekilas, labu siam memang tidak sepopuler jenis sayuran lainnya. Meski begitu, sayuran ini sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah banyak, loh. Karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang rendah kalori. Tidak heran, jika sayuran ini sering direkomendasikan bagi orang yang ingin menurunkan kolesterol dan mengurangi berat badan.

Tidak hanya itu, labu siam kaya akan serat, antioksidan, zat besi, mangan, fosdor, seng, potassium, tembaga, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C. Labu siam juga kaya akan kandungan folat yang membantu pembentukan sel dan sintesis DNA. Selain itu, sayuran ini juga nyatanya mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (SOR) di tubuh yang keduanya berperan dalam penuaan dan perkembangan kanker.

Manfaat Labu Siam bagi Kesehatan

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dalam labu siam, berikut ini beberapa manfaat labu siam bagi kesehatan yang harus Anda ketahui.

1. Baik untuk wanita hamil

Kandungan folat (vitamin B9) dalam labu siam sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan folat saat kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi. Misalnya, cacat tabung saraf, masalah jantung, malformasi ekstremitas, bahkan keguguran.

2. Menjaga kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, labu siam mengandung sedikit kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Nah, hal ini menjadikan labu siam sebagai salah satu makanan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol Anda berada dalam batas normal.

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

Mafaat labu siam lainnya adalah sayuran ini dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah karena memiliki sifat diuretik yang ringan.

4. Mengatasi anemia

Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan menderita anemia. Nah, ternyata labu siam adalah sumber senyawa tersebut. Kandungan vitamin zat besi dalam labu siam dapat membantu hemogloblin mengikat oksigen.

4. Menangkal radikal bebas

Labu siam adalah sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Nah, antioksidan sendiri adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C dalam labu siam juga membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini.

5. Anti kanker

Kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik pada labu siam bisa mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. radikal bebas ini jika tidak diperhatikan maka bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Itu sebabnya jika Anda mengonsumsi labu secara rutin bisa membantu mencegah tumbuh kembang sel kanker dalam tubuh.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh para mahasiswa UGM diketahui jika labu siam bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan salep untuk pengobatan alternatif melanoma maligna. Hal ini dikarenakan labu siam mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang merupakan senyawa metabolit sekunder dan mempunyai sifat sebagai anti kanker. (wh/hellosehat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar