Wahai Nafsu, Ikhlaskanlah Niatmu Agar Terlepas dari Belenggu Kemalasan

Ilustrasi

HAJINEWS.ID,- Ibnu al-Jauzy berkata: “Hanya dengan kejujuran kamu akan selamat, hanya dengan bersungguh-sungguh kamu akan sukses, gunakanlah waktumu sebaik-baiknya sebelum kamu menyesal. Inilah obat yg bermanfaat, yaitu melepaskan punggung dari tempat tidur untuk shalat malam (qiyamullail)”. (Al-Jauzy, at-Tabshirah, 2/324).

Syeikh Muhammad ibn Ali al-Haskafi al-Maqdisi berkata: “Jadikan taqwa sebagai syiar hidupmu, karena seorang yg menjadikan syiar hidupnya, maka dia akan beruntung. Berjalanlah di atas kebenaran dg disertai ikhlas agar hatimu menjaga rahasia amal kebajikanmu. Jika kamu ingin selalu dekat Nabi pada hari Kiamat, maka ikutilah jejaknya”. (As-Sakhawi, Adh-Dhau’ al-Lami’, 8/222).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Allah tidak membebani hamba-hamba-Nya kecuali dengan sesuatu yang dapat dilaksanakan. Maka, setiap orang yang mukallaf, amalnya akan dibalas: yang baik dengan kebaikan, dan yang jelek dengan kejelekan. Tunduklah kamu sekalian, hai orang-orang Mukmin, dengan berdoa,

“Ya Tuhan, jangan Engkau hukum kami, jika kami lupa dalam melaksanakan perintah-Mu, atau bersalah karena beberapa sebab. Janganlah Engkau beratkan syariat untuk kami seperti Engkau memberatkan orang-orang Yahudi oleh sebab kekerasan dan kelaliman mereka. Dan janganlah Engkau bebankan kepada kami tugas yang tidak mampu kami lakukan. Berilah kami maaf dengan kemuliaan-Mu. Ampunilah kami dengan karunia-Mu. Berikan kami rahmat-Mu yang luas. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami, ya Tuhan–untuk menegakkan dan menyebarkan agamamu–terhadap kaum yang kafir.”‘ (2:286)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan