Kunci Agar Doa Terkabul, Ini yang Sering Dilupakan

doa yang sopan
Syekh Ai Jaber

HAJINEWS.ID,- Allah maha pengampun dan mengabulkan doa hambanya yang seius. Tapi kadang kita lupa, ada satu hal yang sering dilupakan dalam adab berdoa, yakni meninggalkan kesopanan.

Dalam ceramahnya yang beredar di akun Youtube, Syekh Ali Jaber menjelaskan 5 kunci penting yang seringkali dilupakan pada saat kita berdoa agar terkabul menurut Syekh Ali Jaber.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

  1. TIDAK PERLU MEMIKIRKAN URUSAN ALLAH MENGABULKAN ATAU TIDAK

Sebagai hamba Allah, kita tidak boleh ketika doa memikirkan urusan Allah mengabulkan atau sebaliknya. Kesalahan yang sering kita lakukan adalah berhenti berdoa sebelum diterima atau terkabul. Sebagai manusia, kita hanya wajib memenuhi tugas kita yang diperintahkan oleh Allah untuk berdoa. “Berdoalah kepada-Ku, maka Aku akan menerima doamu,”.

  1. JANGAN MEMIKIRKAN JANJI DARI ALLAH

Setiap perintah yang Allah berikan apabila kita berdoa dan Allah berjanji akan kabulkan. Kita tidak perlu memikirkan janjinya Allah, yang perlu diingat adalah tugas dan kewajiban kita yaitu berdoa.

  1. JANGAN PERNAH BERHENTI BERDOA

Seperti yang dikatakan oleh Umar Bin Khattab “Al muwaffaq, man aktsaro minad du’a”, orang yang dapat taufik dari Allah yang terus tidak berhenti berdoa. Selesai berdoa, doa lagi. Belum diijabah, berdoa lagi dan jangan pernah bosan untuk berdoa.

“Soal dikabulkan atau tidak itu urusan lain, yang penting kita menikmati untuk mendekatkan diri kepada Allah lewat doa,” tambah Syekh Ali Jaber.

  1. SOPAN DALAM BERDOA

Maksudnya disini sopan adalah sebelum berdoa, kita memuji Allah terlebih dahulu. Saat berdoa jangan langsung misalkan “Ya Allah, saya punya masalah, tolong selesaikan masalah,” ini kurang begitu sopan.

Pujilah Allah, misalnya “Ya Allah, Yang Maha Segala-galanya,” atau “Ya Allah, aku akui kebodohanku, kelemahanku, kekurangan dan dosa maksiatku. Engkau Maha Mengampuni, Maha Kasih Sayang, lebih kasih sayang daripada ibuku sendiri terhadapku,”.

Bisa juga “Ya Allah, Engkau Maha Baik, Maha Adil, Ya Rahman Ya Rahim, Ya Hayyu Ya Qoyyum, Ya Awwalu Ya Akhir,” contohnya. Doa itu nikmat bahkan kadang kita menangis terlebih dahulu sebelum kita meminta.

  1. SHALAWAT KEPADA NABI MUHAMMAD

Salah satu berkah doa yang dipanjatkan adalah dengan bershalawat kepada Nabi Muhammad. Seperti Nabi Yakub dimana ketika beliau mendengar berita kehilangan Nabi Yusuf anaknya, beliau langsung berdoa dan curhat kepada Allah. (wallahu a’lam).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *