Setelah Haji, Arab Saudi Kini Fokus Hadapi Umrah

Foto: AP
banner 400x400

HAJINEWS.ID – Arab Saudi baru saja sukses menggelar haji terbatas di tengah pandemi Covid-19 tahun ini. Kementerian Haji dan Umrah rencananya akan mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji terbatas tersebut dalam dua pekan ke depan.

Wakil Menteri untuk Urusan Haji dan Umrah, Hussein Al-Sharif mengatakan, pihaknya akan segera memulai persiapan awal menjelang musim umrah mendatang.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Arab Saudi akan mulai mengevaluasi untuk kemungkinan menerapkan prosedur kesehatan secara tertata di tengah pandemi Covid-19 dalam pelaksanaan umrah mendatang.

Para peziarah haji, kata dia, sebelumnya harus menghabiskan tujuh hari dikarantina di rumah dan mereka tidak boleh meninggalkan rumah mereka selama periode tersebut. Kementerian Kesehatan juga akan mengikuti dan memeriksanya sesuai dengan protokol kesehatannya.

Hussein menambahkan, para jamaah berkumpul di penginapan mereka di Makkah setelah selesai haji pada hari Minggu lalu dan mereka selanjutnya akan dibawa ke bandara bagi yang ingin melakukan perjalanan via udara.

“Sedangkan bagi mereka yang akan berangkat ke kota-kota mereka melalui jalan darat, kementerian menyediakan fasilitas transportasi untuk mengirim mereka pulang dan akan memantau kondisi kesehatan dan keselamatan mereka sambil memastikan kepatuhan mereka dengan aturan karantina,” ujarnya, dikutip dari laman Saudigazette, Selasa (4/8).

Dia juga tak lupa memuji layanan, pengaturan, dan pengorganisasian pelaksanaan ibadah haji tahun ini yang memungkinkan para jamaah melakukan ritual mereka dengan mudah dan nyaman, mulai dari berihram, thawaf, wukuf, melempar jumrah hingga ditutup dengan prosesi tahalul atau memotong rambut. (wh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar