Kebiasan Yang Bikin Penuaan Dini Pada Kulit

banner 400x400

Hajinews.id – Kulit mulus, kencang, dan kenyal pastilah impian semua orang. Berbagai cara akan dilakukan untuk mencapainya. Semakin bertambahnya usia, kulitpun mulai keriput, kusam, atau bahkan kering. Jika dibiarkan, hal itu dapat merusak penampilan.

Melansir News18, tak perlu biaya mahal agar kulit tetap sehat. Kita hanya perlu menghindari lima kebiasaan yang membuat kulit tanpak lebih tua.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Berhenti merokok.

Faktanya, pada sebuah penelitian, menghirup asap rokok sama dengan memaparkan lebih dari 4.000 bahan kimia ke tubuh ditambah radikal bebas yang dapat merusak kulit. Bahan kimia yang masuk dapat merusak kolagen, kelenturan pada kulit, mata dan rambut. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru.

2. Stres

Dilansir dari merahputih.com, stres menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, misalnya insomnia, depresi, kelelahan dan Alzheimer. Akan tetapi tidak banyak orang mengetahui bahwa stress dapat memberikan efek buruk pada kulit.

Penelitian yang dilakukan Unilever Research and Development Center. Stres kerja membuat wajah 2,5 tahun lebih tua, stres juga dapat melemahkan kolagen kulit hingga 70% yang membuat kulit mati rasa dan terkelupas. Maka dari itu, untuk meredakan stres anda boleh coba meditasi, yoga atau hal yang membuat kamu melepas stres.

3. Terkena sinar matahari

Terkena sinar ultraviolet terus-menerus dapat merusak serat elastis kulit. Serat elastis kulit berfungsi sebagai pengencang kulit agar kulit terasa kencang dan padat. Jika serat elastis rusak, maka kulit akan menjadi keriput dan kusam. Selain itu, terpapar sinar matahari dapat menimbulkan bintik hitam pada kulit terutama pada kulit yang terpapar sinar matahari.

Maka dari itu, ketika hendak keluar rumah gunakan tabir surya agar kulit tetap terjaga dari sinar matahari.

4. Kurang berolahraga

Berolahraga secara rutin dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh yang berarti dapat mencerahkan kulit.

Studi membuktikan bahwa orang yang rutin berolahraga dapat menunda penuaan pada kulit. Olahraga membuat kulit menjadi lebih sehat dan lebih berenergi. Dokter menyarankan cobalah berolahraga selama 30 menit setiap hari untuk membuat tubuh tetap sehat dan fit.

5. Alkohol

Meminum alkohol bukan hanya meningkatkan kadar trigliserida pada tubuh. Hal itu juga dapat memicu kerutan dan kering pada kulit di usia muda.

Jika anda terus-menerus mengomsumsi alkohol, efek tersebut akan menjadi lebih buruk. Selain itu, konsumsi alkohol dapat menurunkan kadar vitamin A. Vitamin A berfungsi mengencangkan kulit dan meremajakan kulit.

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *