Meski Biaya Mahal, AMPHURI Sulampua: Jamaah Mau Bayar Asal Bisa Umrah

Makkah. Foto: Dok Pixabay
banner 400x400

Makassar, Hajinews.id – Pandemi Covid-19 membuat pemerintah Arab Saudi membatasi jamaah Umrah dari dunia. Sementara, calon Jamaah asal Indonesia sudah merindukan untuk berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW dan mengunjungi Baitullah.

Sekretaris Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) DPD Sulampua, A Candrawali mengatakan, ada total sekitar 30 ribu orang calon Jamaah dari AMPHURI yang tertunda untuk menunaikan ibadah Umrah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Secara akumulatif total jemaah yang tertahan di AMPHURI kurang lebih 30 ribu jemaah,” katanya.

“Belum lagi dari asosiasi lain maupun travel lain yang tidak gabung di asosiasi pasti jumlahnya banyak,” lanjutnya.

Menurut asumsi dasar alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Yasrib Soppeng ini, dari Februari hingga Semptember 2020, kurang 30 ribu total jemaah yang tertahan.

“Karena teman-teman travel ada yang menjual sampai Ramadan. Jadi kurang lebih 30 ribu ini menunggu kepastian dan kejelasan kapan akan berangkat,” kata dia lagi.

Belum lagi, lanjutnya, jemaah yang rindu Umrah atau ingin kembali Baitullah.

“Bahkan sekarang kalau ada yang tanya kapan Umrah, terus dijawab harganya mahal karena banyak penambahan biaya, tetap tidak mengurangi keinginan mereka untuk cepat-cepat ke Tanah Suci,” tuturnya.

Namun, ia menegaskan, hingga hari ini belum ada kejelasan harga dan tanggal keberangkatan.

“Informasi dari Pemerintah Arab Saudi, Umrah dari luar mulai dibuka 1 November 2020. Semoga Indonesia salah satu negara yang diperbolehkan ke sana,” tukasnya. (mh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *