Jakarta Gondol Penghargaan, Anies Bertekad Bakal Terus Tingkatkan Layanan Transportasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Dok Pemprov DKI Jakarta
banner 400x400

Jakarta, Hajienews.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bangga atas pencapaian Jakarta dalam meningkatkan transportasi terintegrasi. Karenanya, Anies bertekadn akan terus meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu menyebut bahwa Sustainable Transport Award (STA) 2021 merupakan bentuk pengakuan terkait inovasi transportasi publik di Ibu Kota.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Jakarta, lanjut dia, adalah menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA dan mengalahkan kota-kota besar dunia.

“Ini adalah pengingat bahwa kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin,” kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/10/2020).

Saat ini, pihaknya terus meningkatkan mutu transportasi di Jakarta. Mulai dari perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, hingga integrasi berbagai moda transportasi publik.

“STA 2021 ini adalah kemenangan warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, keberhasilan Jakarta diraih melalui berbagai upaya berkelanjutan di bidang transportasi. Salah satunya yakni pengintegrasian mikrobus (angkutan kota) dengan layanan Transjakarta yang di dalamnya ada 10 operator angkot sepakat untuk bergabung dengan Transjakarta.

“Mengintegrasikan layanan transportasi, baik fisik maupun pembayaran. Hal itu terbukti dengan dibangunnya stasiun-stasiun dan rute-rute Transjakarta yang terintegrasi dengan MRT Jakarta, LRT Jakarta, serta mikrobus,” ujar dia.

Sementara itu, Lembaga Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) membeberkan keberhasilan Jakarta meraih STA 2021 dipengaruhi setidaknya dua kebijakan transportasi. Keduanya antara lain integrasi antar-moda transportasi dan upaya menciptakan jalan lingkungan yang ramah pejalan kaki serta pesepeda.

ITDP merupakan satu dari sejumlah lembaga global lain yang tergabung dalam komite juri. Selain ITDP, ada pula lembaga lain seperti Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), Clean Air Asia dan WRI Ross Center for Sustainable Cities.

Senior Communications & Partnerships Manager at ITDP Indonesia Fani Rachmita merinci, faktor pertama Jakarta meraih penghargaan ini lantaran integrasi layanan TransJakarta dengan Light Rail Transit (LRT) serta Moda Raya Terpadu (MRT).

“Dalam payung JakLingko, upaya DKI Jakarta untuk dapat mengintegrasikan semua moda transportasi baik secara fisik maupun pembayaran, terbilang ambisius dalam beberapa tahun terakhir,” terang Fani dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Kemudian, pada era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terdapat program penataan stasiun KRL serta bus. Selain itu, ada pula pengembangan armada bus listrik di Ibu Kota yang diproyeksikan bakal diterapkan pada 2030.

“Penataan stasiun transportasi publik milik DKI Jakarta dengan KRL Commuter Line di awal tahun ini, menjadi tonggak baru sistem integrasi transportasi publik di Jabodetabek,” jelas dia.

Salah satu bentuk implementasi integrasi KRL dengan bus ialah pembentukan Terowongan Kendal. Terowongan ini dikhususkan bagi para pejalan kaki dari kereta bandara, stasiun kereta hingga TransJakarta.

“Pembangunan fasilitas pejalan kaki di Jakarta selama 2 tahun ke belakang juga terbilang masif. Program-program berbasis pelibatan masyarakat seperti #JalanJakarta juga dilakukan untuk menciptakan jalan lingkungan yang lebih ramah,” beber Fani.

Lingkungan yang ramah pejalan kaki, menurut Fani, diikuti dengan menciptakan fasilitas yang bersahabat dengan pesepeda. Langkah ini ditandai dengan uji coba jalur sepeda sepanjang 63 km pada tahun 2019. (mh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar