Risiko Jika Memutuskan untuk Melepas Hijab

Hajinews.id – Mengenakan hijab merupakan kewajiban bagi seorang muslimah. Selain itu, ada banyak keuntungan dan keistimewaan yang bisa didapat jika mengenakan hijab, salah satunya lebih terjaga kewibawaan karakter dan watak keperempuanannya.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 59 yang artinya:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Namun, mengenakan hijab itu adalah pilihan. Seorang Muslimah bebas untuk memilih ingin mengenakan hijab atau tidak, karena dalam Islam pun tidak ada yang namanya paksaan atau intimidasi.

Dalam kehidupan jaman sekarang dan mungkin terjadi pada diri sendiri atau orang yang dikenal ada perempuan yang mengenakan hijab lalu melepasnya. Atau perempuan yang sering melepas, terus mengenakannya kembali.

Dilansir dari kumparan.com, seorang Muslimah yang melakukan lepas-buka hijab atau memutuskan untuk melepas hijabtermasuk orang yang munafik.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 140 yang artinya:

“Dan sungguh Allah telah menurunkan kekuatan kepada kamu di dalam Alquran bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan (oleh orang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk beserta mereka, sehingga mereka memasuki pembicaraan yang lain. Karena sesungguhnya (kalau kamu berbuat demikian), tentulah kamu serupa dengan mereka. Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan semua orang-orang munafik dan orang-orang kafir di dalam Jahannam.”

Dari ayat tersebut juga dapat dijelaskan bahwa jika seorang Muslimah yang mempermainkan jilbab dan hanya mengenakannya sebagai hiasan atau bahkan menganggap hijab adalah sebuah pakaian yang bisa digunakan kapan saja, maka dia dianggap sebagai golongan orang munafik.

Selain dianggap sebagai orang munafik dan tidak mematuhi perintah Allah SWT, dia harus menerima risiko ketidaksukaan orang lain atas keputusan untuk melepas hijab.

Jadi, memutuskan berhijab haruslah dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan. Jangan nantinya, malah berubah pikiran, lalu melepasnya. Seorang Muslimah yang selalu menjaga keshalihan pribadinya merupakan perhiasan paling indah di dunia yang mampu memberikan kebahagiaan dan rasa damai di dalam jiwa.

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan