Catat, Jadwal Makan yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

banner 400x400

Hajinews.id– Penderita diabetes tidak bisa sembarangan dalam memilih makanan serta menyepelekan jadwal makannya. Karena, jenis makanan dan jadwal makan penderita diabetes sangat berpengaruh terhadap kesehatannya. Makan tepat waktu dengan hidangan yang sehat, dapat membantu menjaga kadar gula darah penderita diabetes agar tidak meningkat.

Dilansir dari ringtimesbali.com, pola makan yang tidak teratur dapat memicu kadar gula darah naik dan menyebabkan diabetes. Oleh karena itu, berbagai pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk makan sebanyak 5-6 kali sehari.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dilansir dari Kidney Diabetes, bagi para penderita diabetes cobalah untuk menyusun jadwal makan yang tepat seperti berikut ini, agar membantu untuk mengontrol gula darah dan mencegah penyakit diabetes.

  1. Pukul  07.00 Sarapan Pagi. 1 mangkuk Oat, 1 buah apel atau pisang, dan segelas susu low-fat
  2. Pukul 09.00 Snack Pagi. 1 potong roti gandum atau snack rendah GI lainnya
  3. Pukul 12.00 Makan Siang. 1 porsi kecil nasi merah dengan lauk, seperti ikan panggang dan sayuran serta air putih
  4. Pukul 15.00 Snack Sore.1 buah segar sesuai dengan selera
  5. Pukul 19.00 Makan Malam. 1 buah kentang panggang, 1 mangkuk sup, 1 porsi salad sayuran
  6. Pukul 21.00 Snack Malam. 1 buah segar atau segelas susu low-fat

Para penderita diabetes dapat mengganti menu makanan tersebut sesuai dengan selera masing-masing. Namun, para penderita diabetes juga harus lebih cermat dalam memilih dan memilah jenis makanan sehat, juga tepat untuk dikonsumsi. Hindari membiarkan perut dalam keadaan kosong untuk waktu yang cukup lama, agar insulin dapat bekerja dengan baik di dalam tubuh. Pola makan yang tepat dapat berpengaruh terhadap kinerja sel-sel yang ada di dalam tubuh.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar