Mengobati Luka Batin Masa Lalu Dengan ‘Self Healing’

banner 400x400

Hajinews.id – Setiap orang tentu telah melewati berbagai peristiwa dalam hidup. Terkadang, hal ini bisa menimbulkan pengalaman tidak menyenangkan dan menyebabkan kesedihan mendalam. Jika dibiarkan berlarut, kesedihan tersebut bisa menjadi luka batin meskipun diri sendiri tidak menyadarinya. Untuk itu, perlu untuk memahami diri sendiri dan mencari cara untuk menyembuhkan luka batin yang mungkin dialami.

Self healing adalah cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan luka batin. Lalu bagaimana cara melakukan self healing? Berikut dirangkum hajinews.id dari akun Instagram @satupersenofficial5 cara melakukan self healing :

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Menyediakan Me Time

Cobalah beri waktu jeda untuk diri sendiri sebagai ‘hadiah’ atau usaha yang sudah ditempuh sejauh ini. Berikan waktu untuk diri sendiri dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan khusus untuk diri sendiri.

2. Berdialog Dengan Diri Sendiri

Berbicara dengan diri sendiri dan bersikap jujur adalah cara selanjutnya untuk mengenal keinginan dan kebutuhan diri. Anda bisa mengajak diri untuk ‘berdamai dengan keadaan’ dan mencari tahu apa yang bisa anda lakukan untuk diri anda.

3. Menerapkan Mindfulness

Cobalah untuk mengelola pikiran, perasaan dan lingkungan sekitar anda dengan kesadaran penuh untuk menemukan diri anda kembali. Jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini bisa membentukmu lebih memaknai diri dan kehidupan.

4. Merawat Diri

Sangat penting untuk menjaga fisik dan mental agar tetap sehat. Anda bisa menerapkan kegiatan positif seperti olahraga rutin, memeriksa kesehatan secara teratur, memberi diri sendiri hadiah kecil atas pencapaiandan tidur yang cukup. Merawat diri bisa membantu anda untuk lebih mudah berpikir jernih dan positif sehingga luka batin bisa cepat sembuh.

5. Berikan Apa yang Dirimu Butuhkan

Yang dimaksud disini misalnya anda butuh untuk keluar dari lingkungan yang toxic, maka keluarlah. Jika anda butuh meninggalkan sesuatu atau seseorang demi kesehatan mental, maka tinggalkanlah.

Selain 5 cara diatas, kita sebagai umat muslim juga perlu mendekatkan diri dengan Al-Qur’an. Al-Quran tidak hanya digunakan untuk tilawah saja, tapi juga untuk dijadikan obat. Tidak mahal, gratis dan sederhana asal yakin, ubah mindset kita, tawakkal sama Allah. Sehingga tujuannya bukan hanya kesembuhan, tapi juga perubahan dan kesadaran, berubah menjadi lebih baik, ibadah jadi rajin.

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *