Jokowi Umumkan Reshuffel, Mengejutkan Ketua GP Ansor Masuk Kabinet

Hajinews – Akhirnya Presiden Jokowi umumkan reshuffle kabinet Indonesia Maju. Yang mengejutkan Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas betul-betul ditunjuk menjadi menteri Agama.

“Beliau adalah tokoh muslim ketua GP Ansor dan akan kita beri tanggungjawab sebagai menteri Agama,” ucap Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip Liputan6, Selasa (23/12/2020).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Yaqut adalah putra dari ulama sekaligus pendiri Partai Kebangkitan Bangsa K.H Muhammad Cholil Bisri. Terpilihnya Gus Yaqut sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi menjadi simbol kembalinya Kementerian Agama ke tangan kaum Nahdliyin.

Seperti diketahui, Fachrul Razi berlatar belakang militer, selama masa jabatannya selama menjabat sebagai Menag Fachrul Razi kerap mendapat kritikan pedas dari banyak pihak baik dari NU maupun DPR.

Karena dalam tradisi birokrasi Indonesia, sebagian besar Menag selalu berlatar belakang dari NU. Tahun 2019 lalu posisi menteri agama ini sempat menuai banyak kekecewaan di kalangan Kyai.

Kesempatan sudah diberikan kepada Fachrul Razi, apa boleh buat jika amanah tersebut tidak berjalan sesuai rencana.

Nama-nama yang ditunjuk menjadi menteri reshuffel.

Sesuai dengan kabar yang selama ini terdengar perihal nama pengganti menteri yang dirombak di kabinet Jokowi. Kesemuanya memang benar telah ditunjuk, dan ditambah satu orang lagi sehingga menjadi 6.

Menteri Sosial: Tri Rismaharini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno

Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono

Menteri Perdagangan: Muhammad Lutfi

Selanjutnya Presiden Joko Widodo memberi perintah akan dilakukannya pelantikan besok pagi.

“Pelantikan akan dilakukan besok pagi,” kata Jokowi, dilansir Kompas TV, Selasa (22/12/2020).

Apakah 6 menteri baru yang ditunjuk Jokowi akan membawa perubahan untuk Indonesia lebih maju seperti yang dicita-citakan atau sebaliknya?

Masih ada harapan jika melihat beberapa nama yang menjanjikan seperti Tri Rismaharini. Hampir semua rakyat Indonesia yang mengenal beliau selama menjadi Walikota Surabaya, menyaksikan betapa seriusnya Risma mengemban amanah.

Bagaimana rasanya negara ini dipimpin menteri baru? Jawabannya hanya bisa dilihat nanti. -Ingeu

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar