Hikmah Pagi : 8 Cara Mendapatkan Rezeki Menurut Al – Qur’an

banner 400x400

Hajinews.id – Pandemi COVID-19 membuat ekonomi makin lesu. Usaha bangkrut. Pabrik banyak yang tutup dan ribuan pekerja dirumahkan. Kerja dan usaha merupakan salah satu jalan datangnya rezeki. Tidak mutlak satu – satunya jalan. Dalam Al – Qur’an Surat Hud ayat 6 Allah telah menegaskan telah menjamin rezeki setiap makhluknya. Dengan meyakini hal ini harusnya membuat kita menjadi tenang.

Selain itu Al – Qur’an juga telah memberikan informasi beberapa faktor yang menjadikan jalan datangnya rezeki. Berikut ini hajinews.id uraikan 8 jalan mendatangkan rezeki yang dijelaskan di dalam Al-Qur’an.;

Bacaan Lainnya
banner 400x400

(1)Rezeki Yang Telah Di jamin

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِيْنٍ.

“Tidak ada satu makhluk melata pun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Alloh Rezekinya…… “.(QS. Hud : Ayat 6)

(2) Rezeki Karena Bersyukur

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيْدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيْدٌ…

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu…… “.(QS. Ibrohim : Ayat 7)

(3) Rezeki Karena Rajin Bershodaqoh

مَّنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً.

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Alloh, dengan pinjaman yang baik (infaq & shodaqoh), maka Alloh akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak”. (QS. Al-Baqoroh : Ayat 245)

(4) Rezeki Karena banyak Ber Istighfar

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًا.

“Maka saya berkata , Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta”. (QS. Nuh : Ayat 10-11).

(5) Rezeki Tak Terduga.

وَمَنْ يَتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ.

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Alloh niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya Rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya”. (QS. At-Tholaq : Ayat 2-3).

(6) Rezeki Karena Usaha

وَأَنْ لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى…

“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang di kerjakannya”. (QS. An-Najm : Ayat 39).

(7) Rezeki Karena Menikah

وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوْا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهِ.

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Alloh akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya”. (QS. An-Nur : Ayat 32).

(8) Rezeki Karena Anak

وَلَا تَقْتُلُوْا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ.

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung Rezeki mereka dan juga (Rezeki) bagimu”. (QS. Al-Isroo’ : Ayat 31).

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar