5 Risiko Konsumsi Multivitamin Setiap Hari

banner 400x400

Hajinews.id – Banyak orang yang terbiasa mengonsumsi suplemen multivitamin setiap hari karena dianggap memberi banyak manfaat kesehatan. Padahal, manfaat dari mengonsumsi suplemen multivitamin tak sebesar yang digembar-gemborkan.

Studi Annals of Internal Medicine oleh peneliti Johns Hopkins mengungkapkan bahwa konsumsi multivitamin tidak menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif, atau kematian dini. Selain itu, peneliti juga mengungkapkan bahwa suplemen vitamin C dan beta-karoten tampak membahayakan bila dalam dosis tinggi. Berikut ini adalah lima risiko tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Overdosis Vitamin Tertentu

Bila yang kelebihan adalah vitamin A, beberapa keluhan yang mungkin muncul adalah gangguan penglihatan, nafsu makan buruk, rambut rontok, sensitif terhadap cahaya matahari, dan sakit kepala. Sedangkan overdosis vitamin D dapat menyebabkan kelelahan, lemas, mual, rasa kantuk, dan kehilangan nafsu makan. Konsumsi vitamin E setiap hari tanpa adanya kondisi defisiensi vitamin E juga dapat menyebabkan pengenceran darah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya masalah pembekuan darah dan perdarahan.

2. Interaksi dengan Obat Lain

Orang-orang yang mengonsumsi obat tertentu bisa mengalami efek samping yang tak diinginkan bila asal mengonsumsi suplemen multivitamin. ORang yang mengonsumsi obat antikoagulan Warfarin misalnya, perlu berhati-hati terhadap suplemen yang mengandung vitamin K. Kandungan ini dapat mengganggu kerja obat.

3. Masalah Pencernaan

Penasehat kesehatan HealthCareers Nikola Djordjevic MD menyarankan orang-orang untuk lebih selektif bila memang ingin mengonsumsi suplemen multivitamin. Upayakan untuk membeli suplemen multivitamin dengan bahan alami dan memiliki harga yang cukup mahal. Djordjevic mengatakan multivitamin dengan sumber yang murah kerap memicu gangguan pencernaan dan bahkan bisa tidak tercerna sebagian di feses.

4. Risiko Paparan Logam

Co Founder Vous Vitamin LLC Arielle Levitan MD mengatakan ada cukup banyak multivitamin generik yang mengandung logam berat. Kandungan ini dapat menumpuk di dalam tubuh dan diketahui berkaitan dengan risiko demensia dan masalah lain. Akan lebih baik bila bisa memilih suplemen yang sudah dites kemurnian dan potensinya oleh pihak ketiga.

5. Interaksi dengan Masalah Kesehatan yang Ada

Ada beberapa obat dan penyakit tertentu yang dapat terganggu oleh konsumsi multivitamin. Pada orang dengan masalah ginjal misalnya, tubuhnya akan lebih sulit untuk bisa mengeliminasi zat gizi.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *