Masih Misterius, tapi Media Australia Sebut Objek yang Masuk RI Itu Milik China

Autonomous underwater vehicle (AUV). (Foto: Dok. Istimewa)
banner 400x400

Hajinews – Temuan objek asing mirip drone yang belakangan diklaim Seaglider oleh TNI AL menghebohkan Indonesia. Sementara media Australia, News.com, menyebutkan, bentuk drone itu seperti tabung namun memiliki sayap. Namun perangkat tersebut dipenuhi dengan banyak sensor serta transmitter jarak jauh yang bertugas untuk mengirimkan hasil temuan ke markas, dan dicurigai milik China, dikutip Senin (4/1/2021).

Media tersebut melaporkan, bahwa salah satu drone (Seaglider) ditemukan di Selat Malaka. Ini adalah jalur perairan antara Indonesia dan Singapura juga merupakan jalur tersibuk pengiriman.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sementara itu dua lainnya ditemukan di dekat Selat Sunda dan wilayah Lombok. Salah satu drone memiliki panjang 225 cm ditemukan oleh seorang nelayan lalu dilaporkan ke polisi setempat dan menghubungi pihak TNI AL.

News.com menyatakan jika ketiganya merupakan jalur penting yang menghubungkan Laut China Selatan (LCS) ke Samudera Hindia, jika ada yang bisa mengontrol “jalan” itu maka akan membuat ekonomi di seluruh negara bisa bertekuk lutut. Jalur tersebut juga merupakan wilayah pengiriman penting bahan bakar olahan Singapura menuju Australia.

Analis perang kapal selam, H.I Sutton juga menyebutkan kehadiran drone tersebut bisa jadi kecurigaan China untuk melakukan pengintaian. Ataupun melakukan rencana untuk angkatan laut lainnya. (CNBC)

Dalam keterangan terkini dikutip detik, Selasa (5/1/2021). Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono. Menjelaskan perihal benda yang disebutnya bernama Seaglider, mempunyai fungsi untuk keperluan survei atau untuk mencari data oseanografi di laut, di awah lautan.

Kendati begitu sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari TNI AL mengenai siapa pemilik alat tersebut. Sebab tidak ditemukan ciri-ciri nama perusahaan negara pembuat alat ini. Pun belum ada yang mengklaimnya. Siapa berani klaim? (ingeu/dbs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar