Sering Disepelekan, Benda Sehari-hari Ini Jadi Sumber Penyakit

banner 400x400

Jakarta, hajinews.id  –  Tanpa disadari, penyakit mengintai Anda lewat benda – benda yang ada di dalam rumah. Mulai dari penyakit tipes, terkena flu dan batuk, terinfeksi bakteri salmonella, terinfeksi bakteri e. coli, hepatitis, impetigo, risiko radang pernapasan, hingga cacingan.

Untuk itu, sering – seringlah membersihkan benda – benda ini agar Anda tidak mengalami beberapa penyakit yang bisa saja menyerang Anda.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dirangkum hajinews.id dari mantrasukabumi.com, berikut deretan benda yang wajib Anda perhatikan kebersihannya:

1. Ponsel
Ponsel pasti menjadi benda wajib yang harus dibawa kemanapun saat bepergian. Bahkan menjelang tidur hingga ke kamar mandi pun tak bisa lepas dari ponsel. Akibatnya ponsel bisa 10 kal lebih kotor dan bisa memicu penyakit setelah berkontak fisik dengan tangan Anda. Bakteri eschericia coli yang bisa hidup berjam-jam di permukaan yang hangat seperti ponsel Anda bisa mengakibatkan diare dan kram perut.

2. Uang Tunai Kertas Maupun Uang Koin
Alat transaksi yang disebut uang ini ternyata mengandung banyak bakteri dan bibit penyakit. Sekotor itu. Bahkan para peneliti menemukan bahwa sebagian besar uang mengandung 3.000 jenis bakteri. Hal ini disebabkan karena uang memang selalu berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya. Sehingga bisa saja membawa penyakit bagi pemegangnya.

3. Handuk
Ketika selesai mandi Anda hendaknya langsung menjemur handuk yang basah untuk dikeringkan. Karena, apabila Anda membiarkannya begitu saja kemungkinan besar handuk tersebut akan mengandung berbagai jenis bakteri.

4. Sponge Cuci Piring
Sponge cuci piring yang basah, menyerap, dan sering berinteraksi dengan alat kotor tentu sudah bisa diprediksi jadi arang terjorok. Anda bisa sering-sering menggantinya terutama saat terasa bau.

5. Sikat gigi
Sikat gigu dapat membawa bakteri E. coli, staphylococcus, dan bahkan kotoran. Sebanyak lebih dari 700 jenis bakteri ada pada mulut Anda. Bisa Anda bayangkan berapa banyak kuman yang menempel pada sikat gigi yang Anda gunakan? Oleh karena itu, sikat gigi Anda sebaiknya diganti jika sudah lama digunakan. American Dental Association merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga sampai empat bulan sekali.

6. Talenan
Talenan di dapur adalah tempat bakteri penyebab penyakit yang berasal dari makanan. Oleh karena itu, cuci dan bersihkan talenan, baik itu kayu atau plastik, secara menyeluruh, terutama setelah memotong daging dan sayuran mentah.

7. Kasur
Meski tampak bersih, kasur Anda kemungkinan merupakan rumah bagi jamur, ngengat, tungau debu, dan bakteri dari keringat yang bisa mengakibatkan iritasi hingga penyakit pada kulit. Untuk itu, sering – serung membersihkan kasur Anda dan mengganti sprey secara rutin. (Sitha/dbs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *