Hikmah Siang : Sikap sabar dan 4 keutamaannya

hajinews.id – Keutamaan sikap sabar, tidak mudah tapi akan memberi banyak manfaat. Dalam hidup, manusia pasti dihadapkan dengan situasi yang baik maupun situasi yang buruk. Dalam situasi yang baik kita diharapkan untuk selalu mensyukuri nikmat Allah. Sedangkan, dalam situasi yang buruk seperti ketika mendapatkan musibah atau ada masalah kita diharapkan bisa bersabar.

Sabar merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, terutama jika berada dalam masalah. Tak jarang, ego kita sering memuncak dan membuat emosi atau menyalahkan keadaan. Beberapa orang juga ada yang malah menyalahkan diri sendiri. Hal seperti ini merupakan hal yang sebaiknya tidak kita lakukan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Satu hal yang wajib kita yakini adalah semua hal terjadi dengan membawa hikmah. Hal buruk yang terjadi akan diiringi dengan hal baik. Asal kita pandai bersabar. Selain itu, Allah menjanjikan keutamaan besar atas sikap sabar dalam menghadapi musibah. Berikut 4 keutamaan sabar yang dilansir dari hopsid.

1. Diangkat derajat dan dihapus dosa

Kesabaran yang kita usahakan dalam menghadapi musibah Insya Allah akan bermanfaat untuk diangkatnya derajat kita di hadapan Allah. Selain itu, sabar merupakan amalan bisa menghapus dosa, hingga menjadi satu nikmat bagi kita. Sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad yang selalu bersabar ketika mendapatkan gangguan yang datangnya dari kaum musyrikin. Oleh karena itu, hendaknya kita bersabar saat ditimpa musibah karena bisa menjadi penghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan selama hidup.

2. Tanda kebaikan dari Allah

Sabar itu tanda keimanan. Maka, beberapa kali dalam ayat Alquran sering kali sabar dikaitkan dengan keimanan. Sebagai umat Allah kita harus yakin bahwa sabar tidak akan berbuah kerugian. Sabar adalah tanda kebaikan dari Sang Pencipta. Ia mempunyai rencana yang terbaik untuk setiap hamba-Nya.

3. Pahala yang tak terbatas

Satu-satunya amalan yang dibayar dengan pahala yang tak terbatas adalah bersabar. Sesuai firman Allah dalam surat Az Zumar ayat 10 yang berarti ‘Sesungguhnya hanya orang-orang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas‘.

Sebegitu mulianya sikap sabar hingga sering dikatakan bahwa setiap kebaikan itu telah ditakar pahalanya kecuali kesabaran. Takaran pahala untuk orang yang bersabar adalah tidak ada atau tidak terbatas.

4. Diberi petunjuk

Musibah yang dihadapi dengan sikap sabar akan dibalas Allah dengan diberikan petunjuk. Saat musibah datang dan kita sabar maka perlahan Allah akan membukakan jalan menuju solusi dari masalah tersebut. Insya Allah akan diberikan kesudahan yang baik, bukan hanya setelah musibah itu namun di keseharian setelahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *