Hikmah Malam : Macam-macam Sholawat Nabi dan Keutamaannya

banner 400x400

Hajinews.id – Sholawat Nabi berisi tentang puji-pujian untuk Rasulullah SAW yang diutus oleh Allah guna memperbaiki akhlak manusia. Melantunkan sholawat untuk nabi sangat dianjurkan karena kamu akan mendapatkan syafaat di hari akhir kelak.

Ada beberapa macam sholawat yang yang memiliki banyak manfaat sebagaimana dilansir dari hibunda.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Sholawat Fatih

Sholawat ini merupakan sholawat yang dapat membuka pintu ‘Arsy. Pintu tersebut dikenal juga sebagai gerbang kerajaan Allah. Istimewanya lagi, sholawat ini dapat mengatasi segala kesulitan hidup, membebaskan Anda dari api neraka dan menduduki posisi kemuliaan mahir makrifat.

2. Sholawat Nariyah

Syekh Nariyah menekuni ilmu tauhid, biasanya sholawat Nariyah dilantunkan ketika acara pengajian. Sholawat nariyah diyakini sebagai doa penghantar rezeki sehingga anda dapat membacanya setiap saat.

3. Sholawat Mukafah

Sholawat mukafah merupakan lantunan yang mendoakan Rasulullah SAW agar senantiasa dilimpahkan rahmat, salam dan berkah oleh Allah. Dari sholawat ini pula kita memohon kepada Allah agar Rasulullah SAW ditingkatkan pangkat dan derajatnya. Keutamaan membaca sholawat ini adalah mendapatkan cinta dan rahmat dari Rasulullah SAW dan Allah SWT. Bacalah sholawat ini ketika setelah selesai shalat wajib maupun sunah seperti tahajud. Bagi Bunda yang belum tahu tata cara sholat tahajud, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu.

4. Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat nabi selanjutnya ada sholawat ibrahimiyah yang dibaca ketika tahiyat akhir dalam sholat. Ands perlu tahu bahwa bukan hanya manusia saja yang dianjurkan untuk sholawat. Allah dan malaikat pun turut serta bersholawat untuk Rasulullah, apa lagi manusia yang posisinya hanyalah hamba yang dikasihi oleh Rasulullah.

5. Sholawat Nuril Al Anwar

Sholawat nuril al anwar adalah sholawat yang digunakan untuk menunaikan keinginan, menjauh dari kesengsaraan, terhindar dari musibah dan mendapatkan cahaya ilahi serta keberkahan hidup. Segala permohonan Bunda akan mudah diijabah oleh Allah apabila dilakukan serta dengan sholawat, sholat dan puasa.

Anda bisa puasa sunah pada hari Senin dan Kamis, jangan lupa untuk baca niat puasa Senin-Kamis agar puasa berjalan lancar dan berpahala.

sholawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah kebaikan yang akan diperoleh setelah membaca sholawat. Apa saja keutamaannya?

1. Menaati perintah Allah

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, kita semua harus menaati perintah yang Allah berikan. Perintah tersebut antara lain adalah bersholawat kepada nabi. Oleh karena ada banyak jenis sholawat yang dapat membuat hidupmu berkah dan terhindar dari berbagai kesialan. Selain itu perintah yang diberikan Allah adalah sholat, puasa dan lainnya. Bagi Bunda yang belum mahir baca doa buka puasa, bisa langsung belajar agar puasa lebih afdol.

2. Keselarasan Allah

Mengalunkan sholawat keutamaannya adalah keselarasan Allah dalam bersholawat atas Rasulullah. Meskipun sholawatnya berbeda karena sholawat kita atasnya berisi doa dan permohonan, sedangkan sholawat Allah atasnya berisi pujian dan pengagungan.

3. Mendapatkan 10 Sholawat dari Allah

Hal ini dijelaskan dalam hadist di mana orang yang senantiasa bersholawat kepada nabi maka Allah akan bersholawat kepadanya sebanyak sepuluh kali. Meskipun kita dianjurkan untuk bersholawat, namun seluruh amalan yang dilakukan tidak akan bermakna jika tanpa melaksanakan sholat wajib yakni Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Perlu diperhatikan pula bacaan sholat agar fasih dan benar karena bacaan yang salah akan membuat maknanya melenceng.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *