Tak Terduga! 7 Minuman Penyebab Kanker

banner 400x400

Hajinews.id – Banyak orang hanya mengenal jenis-jenis makanan pemicu kanker, seperti makanan yang dibakar, makanan yang diawetkan atau makanan olahan. Namun ternyata pemicu kanker juga bisa berasal dari minuman. Berikut 7 minuman yang berpotensi menyebabkan kanker, dilansir dari lingkarmadiun

1. Air Keran

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Infrastruktur air keran yang mengalir ke rumah, misalnya pipa mungkin saja sudah menua, sehingga berpotensi berkarat dan kotor. Selain itu, air keran sangat mungkin mengandung bahan kimia beracun yang digunakan untuk memberishkan kontaminan biologis berbahaya.

2. Air Kemasan

Yang menjadi permasalahan di sini adalah botol kemasannya. Botol plastik tidak hanya dianggap sebagai bencana lingkungan. Tetapi juga mengandung zat kimia berbahaya yang bisa terurai. Salah satu contoh penting adalah Bishepenol-A AT atau BPA. Bahan kimia ini banyak digunakan dalam banyak botol air plastik meski sudah banyak bukti bahwa BPA mengandung hormon yang dapat meningkatkan resiko kanker prostat, payudara, serta gangguan metabolisme tubuh.

3. Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah berlebihan memiliki sejumlah konsekuensi kesehatan termasuk kanker. Sejumlah penelitian menunjukkan hubungan antara alkohol dan kanker kerongkongan, lambung, hati, usus, dan payudara. Meski anggur merah dianggap sehat karena kandungan antioksidannya, namun anggur merah masih mengandung etanol. Etanol adalah pemicu utama kanker yang ditemukan dalam munuman beralkohol.

4. Minuman Berenergi

Minuman berenergi mungkin membuat kamu merasa bugar selama beberapa jam. Tetapi minuman ini akan menimbulkan kerusakan di dalam tubuh kamu, karena minuman ini terbuat dari gula, kafein, dan pewarna buatan. Minuman energi dapat meningkatkan tekanan darah dan gula darah anda secara bersamaan. Salah satu penyebab orang meninggal setelah terlalu banyak minum-minuman berenergi, terutama diakibatkan oleh masalah jantung dan kejang.

5. Soda

Pewarna cokelat pada miuman Cola dikenal sebagai karsinogen. Begitu juga dengan soda diet, meski katanya tidak mengandung gula, namun mengandung pengganti gula seperti sukrosa, sakarin atau aspartam. Gula palsu tersebut diketahui dapat mengacaukan proses metabolisme tubuh dan merusak kesehatan jantung.

6. Minuman yang Sangat Panas

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengatakan bahwa minuman yang sangat panas dapat menyebabkan kanker tenggorokan. Untuk amannya, minuman setidaknya harus bersuhu 65 derajat celcius.

7. Minuman Kopi Kemasan

Kopi memang kaya antioksidan dan menawarkan beberapa pencegahan terhadap kanker. Sayangnya, beberapa produk kemasan minuman berbasis kopi lebih banyak mengandung gula dan krim daripada kopi sebenarnya. Menambahkan banyak sirup, cokelat, karamel/krim kocok ke minuman kopi hampir menghilangkan semua khasiat yang dimiliki kopi.

Nah, itulah beberapa minuman yang dapat menyebabkan kanker yang perlu anda ketahui. Semoga pembahasan ini bermanfaat serta dapat menjadi wawasan tersendiri bagi anda

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *