Yuk Amalkan! 3 Tips Agar Rumah Selalu Dilimpahi Keberkahan

banner 400x400

Hajinews.id – Kehidupan penuh keberkahan pasti didambakan oleh setiap manusia. Berkah yang dimaksud adalah kebaikan yang melimpah. Dalam hal ini, termasuk rumah yang selalu dianggap sebagai tempat paling aman dan nyaman ingin selalu dilimpahi keberkahan.

Rumah memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebab, di sanalah seseorang dapat melindungi diri dari cuaca panas dan dingin, hujan, atau lainnya. Di dalam rumah pula setiap anggota keluarga melakukan berbagai aktifitas.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Namun, tidaklah penting jika hanya membangun fisik sehingga melupakan hal penting untuk membuat rumah dilimpahi keberkahan. Agar rumah nyaman, aman, dan diberkahi, sebaiknya setiap penghuni senantiasa mentaati segala perintah Allah SWT.

Dalam Islam sendiri, rumah yang diberkahi adalah rumah yang senantiasa akan dihadiri oleh malaikat dan dijauhi setan. Sebab, kedatangan malaikat ke rumah kita akan membawa suasana ketenangan, kedamaian, dan kesejukan. Siapa sih yang tidak mau memiliki rumah yang diberkahi seperti itu?

Nah, dilansir dari beberapa sumber ternyata ada tiga tips untuk memiliki rumah yang nyaman dan dilimpahi keberkahan sebagai berikut.

1. Baca bismillah

Siapa saja yang ingin memasuki rumah, sebaiknya untuk selalu membaca doa atau sekadar mengucapkan bismillahirrahmanirrahim.

Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan-pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim)

2. Dianjurkan mengucapkan salam

Maksudnya, meskipun tidak ada orang di dalam rumah yang kita masuki, sebaiknya untuk tetap mengucapkan salam, yaitu Assalamualaikum.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nur ayat 61 yang artinya:

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayatnya(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya.”

3. Perbanyak membaca Al-Quran

Nah, inilah salah stau poin pentingnya. Memperbanyak membaca Al-Quran dapat membuat rumah yang kita huni menjadi tempat paling aman, nyaman, dan dilimpahi keberkahan. Meskipun kamu belum terlalu lancar membacanya, itu bukanlah menjadi masalah jika dilakukan dengan tulus dan niat yang baik.

“Orang yang membaca al-Qur`an dengan terbata-bata dan ia merasa sulit maka baginya dua pahala.” (HR Muslim)

Selain ketiga hal tersebut, anda juga bisa selalu memanjatkan doa berikut agar rumah selalu diberkahi seperti yang tercantum dalam QS. Al-Mu’minun ayat 29:

Bismillahirrahmanirrahim

وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِى مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

Wa qur rabbi anzilnii munzalam mubaarakaw wa anta khairul-munziliin.

Artinya: Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.

Itulah beberapa tips untuk membuat rumah agar dilimpahi keberkahan. Aamin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *