AstraZeneca Dipuji WHO, Klaim Tak Ambil Keuntungan Vaksin COVID-19

AstraZeneca Dipuji WHO, Klaim Tak Ambil Keuntungan Vaksin COVID-19
vaksin AstraZeneca
Hajinews – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, memuji AstraZeneca sebagai satu-satunya pengembang yang berkomitmen tak mengambil keuntungan dari vaksin COVID-19. Diharapkan pengembang vaksin lainnya mengikuti sehingga semakin banyak vaksin COVID-19 yang bisa diakses dunia.

“Sejauh ini baru AstraZeneca yang berkomitmen tak mengambil keuntungan dari vaksin COVID-19 di tengah pandemi. Juga jadi satu-satunya pengembang vaksin berkontribusi besar terhadap keadilan distribusi vaksin dengan memberi lisensi teknologinya ke perusahaan-perusahaan lain,” kata Tedros seperti dikutip dari situs resmi WHO, Rabu (24/3/2021).

“Kita butuh produsen vaksin COVID-19 lain mengikuti contoh ini, memberi lisensi teknologinya ke perusahaan lain,” lanjut Tedros.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

WHO menyebut sampai sekarang ketidakadilan terhadap distribusi vaksin COVID-19 di dunia masih jadi masalah. Negara kaya menimbun banyak suplai sementara negara miskin sama sekali tidak memiliki vaksin.

Tedros mendeskripsikan situasi ini sebagai hal yang mejijikkan.

“Kita sudah punya cara meraih keadilan distribusi vaksin, tapi jurang perbedaan jumlah vaksin yang diberikan di negara kaya versus COVAX setiap hari semakin besar dan menjijikkan. Kami hanya minta negara dermawan saling berbagi vaksin, itu saja!” ungkap Tedros.

Sumber: detik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *