Sekolah Ramadan: Generasi Tangguh

Sekolah Ramadan: Generasi Tangguh
Daniel Mohammad Rosyid

Oleh Daniel Mohammad Rosyid, Ketua Pendidikan Tinggi Dakwah Islam Jawa Timur.

Hajinews – Beberapa hari mendatang, umat Islam seluruh dunia merayakan Ramadan dengan berpuasa dan beragam kegiatan olah batin dan akal selama 30 hari.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ramadan disebut sebagai syahru madrasah atau bulan belajar. Jika jantung pendidikan adalah belajar, maka pembelajaran Ramadan ini adalah pembelajaran multi-ranah, multi-cerdas berbasis keluarga dan masjid serta masyarakat.

Puasa adalah perilaku yang diresepkan oleh Allah swt Sang Pencipta sejak awal peradaban. Seluruh unsur tubuh kita dirancang bekerja optimal jika cukup mengalami lapar. Our whole body and mind  optimally performs when appropriately starved.

Sayang sekali banyak rezim sekuler yang menyia-siakan Ramadan. Padahal dengan mengatur pembatasan konsumsi, dan perilaku halal jasmani dan rohani manusia melalui sebuah proses transformasi untuk lebih sehat dan cerdas, sementara planet diberi kesempatan untuk istirahat memulihkan diri dari eksploitasi besar-besaran.

Masyarakat yang terbiasa berpuasa akan lebih tangguh menghadapi berbagai pembatasan, termasuk pandemi ini. Kompetensi ini disebut takwa.

Pada saat para pelajar sedang memilih sekolah dan kampus dalam beberapa bulan ke depan, penting dicatat bahwa pendidikan tidak sekadar bersekolah dan kuliah di kampus. Bahkan sekolah dan kampus telah terbukti makin mengerdilkan dan menciutkan akses pada pendidikan sehingga berpotensi lebih merugikan masyarakat daripada memberi manfaat.

Kelahiran sekolah, pesantren dan kampus-kampus favorit harus dicermati karena menunjukkan gejala komersialisasi pendidikan sekaligus kastanisasi masyarakat. Sir Ken Robinson bahkan mengatakan bahwa persekolahan sebagai inovasi kelembagaan terpenting di abad lalu merupakan satu-satunya lembaga yang paling bertanggung jawab atas krisis sumberdaya manusia.

Pandemi covid dan internet mestinya makin menyadarkan kita bahwa pendidikan adalah persoalan perluasan kesempatan belajar, bukan persoalan pembesaran persekolahan dengan semua birokrasi dan sumberdaya yang disedotnya.

Jantung  Pendidikan

Belajar sebagai jantung dari pendidikan adalah sebuah proses yang tidak pernah mensyaratkan persekolahan dengan semua formalisme birokratiknya. Belajar merupakan siklus 4 kegiatan pokok yaitu praktik atau mengalami, membaca, berbicara dan menulis.

Ini bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Bahkan mensyaratkan persekolahan untuk belajar telah menyebabkan inefisensi dan irelevansi pendidikan.

Penelantaran potensi-potensi agromaritim di negeri kepulauan ini adalah akibat dari persekolahan massal paksa yang dirancang sekadar sebagai instrumen teknokratik penyiapan masyarakat buruh dalam rangka industrialisasi.

Ramadan sebagai sekolah kehidupan massal mengajarkan bahwa pusat-pusat kecerdasan masyarakat Islam itu bisa diselenggarakan secara murah di rumah, masjid dan masyarakat.

Perguruan, termasuk pondok dan sekolah, berperan untuk menambahi dan melengkapi, tidak bisa dan tidak boleh menggusur peran keluarga, masjid dan masyarakat.

Adab, akhlak dan soft skills hanya bisa dikembangkan dalam keluarga, masjid dan masyarakat melalui praktik adab, akhlak dan soft skills dalam kehidupan sehari-hari bertetangga dan bermasyarakat dalam lingkungan yang plural.

Marhaban ya Ramadan !!!

Rosyid College of Arts, Gunung Anyar, 10/4/2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *