Baca 2 Ayat Al-Baqarah Ini Setiap Hari, Rezeki Mengalir Deras dan Dunia Akhirat

Baca 2 Ayat Al-Baqarah Ini Setiap Hari
Baca 2 Ayat Al-Baqarah Ini Setiap Hari. foto/ilustrasi
banner 400x400
Hajinews – Para ulama menyebutkan berbagai kebaikan akan senantiasa datang jika rutin membaca dua ayat ini.

Keutamaan membaca 2 ayat ini juga disebutkan dalam hadits.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Siapa yang membaca 2 ayat terakhir menurut tulisan Al-Baqarah pada malam hari, tentu beliau tercukupi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Para ulama menyebutkan barang siapa membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah, maka Allah akan memberikan kecukupan baginya untuk urusan dunia akhirat.

Artikel ini akan menyajikan bacaan 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah dan keutamaan membacanya, dikutip dari berbagai sumber.

Surat Al-Baqarah ayat 285

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Artinya:

“Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.”

Surat Al-Baqarah ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Artinya:

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Keutamaan membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah secara rutin, diantaranya:

1. Mendapat Pahala yang Besar

Membaca secara rutin 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah akan mencukupkan dari salat malam.

Hal tersebut didasarkan pada Ikmal Al-Mu’allim, 3:176, dinukil dari Kunuz Riyadhis Sholihin, 13: 83, Al-Qadhi ‘Iyadh.

Selain pahala yang besar, orang yang rutin membacanya akan mendapat pelajaran tentang keimanan, kepasrahan diri, penghambaan pada Allah dan berisi doa kebaikan dunia dan akhirat.

2. Dilindungi dari Setan

Orang yang rutin membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah akan dilindungi dari gangguan setan.

3. Dijauhkan dari Segala Macam Penyakit

Keutamaan membaca rutin 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, 6:83-84.

Ada pula ulama yang menyampaikan manfaat membaca 2 ayat terakhir tersebut, yaitu dijauhkan dari gangguan setan serta segala macam jenis penyakit.

4. Diperbarui Keimanannya

Membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah di malam hari dapat membuat imam diperbarui.

Hal tersebut karena dalam ayat tersebut terdapat sikap pasrah kepada Allah Ta’ala serta doa untuk meminta kebaikan dunia dan akhirat.

Sumber: portaljember

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *