Hikmah Pagi :7 Sunah Sebelum dan Sesudah Salat Idul Fitri

Warga Muslim menerapkan protokol kesehatan saat shalat berjamaah di Masjid Al-Markaz Al-Islami, Makassar, Jumat (5/6/2020). (Foto/Antara)
banner 400x400

Hajinews.id – Idulfitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia.Banyak pahala yang bisa diraih di hari raya umat muslim ini. Apalagi, jika anda mengamalkan sunah sebelum dan sesudah salat Idul Fitri berikut.

7 Sunah Sebelum dan Sesudah Salat Idul Fitri

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Mengumandangkan Takbir di Malam Idul Fitri
Pertama, sunnah hukumnya untuk mengumandangkan takbir di malam Idul Fitri. Ini bisa dilakukan dari Maghrib hingga keesokan paginya menjelang salat Ied.Yang dimaksud dalam poin ini bukanlah mendengarkan takbir di masjid. Melainkan anda harus ikut mengucapkannya selagi beraktivitas seperti bekerja, memasak, dan bahkan mengemudi.

2. Makan Kurma Sebelum Salat Ied

Berikutnya, jangan lupa untuk makan kurma dalam jumlah ganjil sebelum berangkat salat Ied. Lebih tepatnya, ini sebaiknya dilakukan sebelum kamu mandi dan bersiap berangkat untuk salat Idul Fitri. Aktivitas ini memang tidak wajib, namun akan mendatangkan pahala jika dilakukan karena sesuai anjuran Rasulullah. Jika tidak ada kurma, anda bisa mengonsumsi makanan lain yang ada di rumah.

3. Mandi dan Memotong Kuku

Sebelum berangkat salat Ied, jangan lupa mandi sunah dan memotong kuku. Sunah mandi dijelaskan dalam hadis riwayat Ibnu Majah yang berbunyi:
“Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, ‘Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha,”.

Sementara memotong kuku adalah kegiatan tambahan yang diperlukan untuk membersihkan diri dengan sempurna dari berbagai kotoran.

4. Mengenakan Pakaian Terbaik dan Mengharumkan Diri
Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam, oleh sebab itu kamu dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik saat merayakannya. Tidak hanya itu, dianjurkan untuk mengharumkan diri dengan parfum serta menggosok gigi. Namun ingat, jangan pula terlalu berlebih-lebihan saat bersolek menjelang salat Ied, ya.

5. Saling Menyapa dengan Salam dan Doa
Di perjalanan untuk salat Ied, jangan lupa untuk saling menyapa dengan salam dan doa. Ini untuk mempererat tali silaturahim umat muslim di hari yang penuh berkah. Salah satu salam yang bisa anda ucapkan adalah ‘Taqabbalallahu minna wa minkum,’.

6. Mendengarkan Khotbah Setelah Salat Ied

Setelah salat Ied, jangan buru-buru bangkit dan bersiap untuk pulang. Anda harus tetap duduk dan mendengarkan khotbah terlebih dahulu. Begitu khotbah selesai, selanjutnya akan ada sesi bersalam-salaman antar jemaah untuk saling mendoakan keberkahan.

7. Mengambil Rute Berbeda untuk Pulang
Terakhir, ketika berjalan pulang dari lokasi salat Ied pastikan untuk mengambil rute yang berbeda. Pasalnya menurut riwayat Jabir bin Abdillah, Nabi Muhammad selalu melakukan ini di hari Idulfitri. Beliau akan mengambil rute yang berbeda ketika berangkat dan pulang dari salat Ied.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *